sign up SIGN UP search

moms-life

Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Kenali 5 Faktor Penyebabnya

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 29 Sep 2021 16:33 WIB
Doctor and patient using digital tablet caption
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari pelawak ternama Tukul Arwana, Bunda. Pria 57 tahun itu mendadak dilarikan ke rumah sakit pada Kamis (23/9/2021) lantaran mengalami pendarahan pada otaknya.

Kabar ini kemudian dibenarkan oleh sang anak, Ega Prayudi. Ia mengatakan bahwa Tukul tengah berada dalam penanganan dokter di Rumah Sakit Otak Nasional.

"Betul, beliau saat ini masih dalam perawatan dokter," ungkap Ega Prayudi.


Melansir dari laman Healthline, pendarahan otak atau pendarahan intraserebral (ICH) atau yang lebih dikenal dengan stroke, adalah kondisi di mana darah tiba-tiba meledak ke jaringan otak, Bunda. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada otak penderita.

Gejala yang muncul biasanya terjadi secara tiba-tiba. Misalnya saja sakit kepala, tubuh yang melemah, kebingungan, kelumpuhan, kesulitan menelan, muntah, mual, hingga hilang keseimbangan.

Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, dr. Mursyid Bustami, Sp.S(K),KIC, MARS, stroke bisa dibagi jadi dua jenis, Bunda. Sekitar 20 persen kasusnya adalah pendarahan, sementara sisanya merupakan penyumbatan pada pembuluh darah.

"Ini penyakit yang sering kita hadapi di rumah sakit ini. Siapa pun bisa mengalami stroke ini dengan faktor risiko tertentu," katanya dalam konferensi pers, Jumat (24/9/2021).

Tak hanya itu, dr. Mursyid juga menjelaskan bahwa kasus yang dialami oleh Tukul Arwana tidak ada hubungannya dengan virus COVID-19, Bunda. Apapun jenis vaksin yang diberikan, tidak terbukti bisa berisiko stroke.

"Ini bisa kami tegaskan tidak ada hubungan stroke pendarahan dengan COVID-19 apapun jenis vaksin dan merek vaksinnya. Belum ada yang mengatakan bahwa ada risiko terjadinya stroke pendarahan akibat vaksin. Secara ilmiah pun tidak ada hubungannya," tuturnya dr. Mursyid.

Faktor penyebab pendarahan otak

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pendarahan otak, Bunda. Melansir dari laman WebMD, berikut ini deretannya.

1. Trauma kepala

Trauma atau cedera kepala merupakan penyebab paling umum pendarahan otak, Bunda. Hal ini lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di bawah 50 tahun, lho.

Biasanya, seseorang mengalami cedera kepala karena terlibat dalam olahraga dan jenis kegiatan tertentu. Penderita trauma atau cedera kepala bisa mengalami cacat permanen, gangguan mental, bahkan kematian, Bunda.

2. Tekanan darah tinggi

Kondisi kronis tekanan darah tinggi dalam jangka waktu yang lama bisa membuat dinding pembuluh darah jadi melemah. Darah tinggi masih bisa diobati sehingga tidak menjadi penyebab utama dari adanya pendarahan pada otak.

Tekanan darah yang normal adalah antara 120 hingga 129 dengan tekanan sistolik kurang dari 80, Bunda. Kalau angka tekanan darah Bunda lebih atau kurang dari angka ini, maka Bunda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video cara kurangi mata minus pada Si Kecil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ANEURISMA HINGGA TUMOR OTAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!