sign up SIGN UP search


moms-life

Kerja di Pabrik Swedia, Wanita RI Dapat Gaji Puluhan Juta Bun

Annisa Afani Selasa, 05 Oct 2021 12:05 WIB
MIta dan Eddie caption
Jakarta -

Pasangan beda negara selalu punya cerita menarik. Salah satunya dari Mita, wanita asal Banyuwangi yang kini hidup bahagia bersama suami bulenya di Swedia.

Mita menikah dengan bule Swedia bernama Eddie pada 17 April 2017 lalu. Setelah empat tahun menetap di Swedia, Mita sempat menghabiskan waktu sebagai Bunda rumah tangga, bahkan sering bolak-balik ke Indonesia apabila sedang jenuh.

Namun lama-kelamaan, Mita mulai menetap secara mantap di Swedia. Ia mengurus berbagai surat dan dokumen pribadi seperti KTP. Mita akhirnya mencoba bekerja demi menambah pendapatan di Swedia.


"Padahal aku sudah bisa sekolah dan kerja karena sudah dapat visa. Tetapi hatinya belum pas gitu. Tepatnya di 2019, aku mulai mengurus KTP dan sekolah, lalu 2020 aku mulai kerja," ungkap Mita di kanal YouTube Family indonesia, Sweden.

Pekerjaan yang dilakukan Mita bukanlah pekerjaan kantoran, Bunda. Ia hanya bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah toilet. Mita bekerja setiap hari Selasa dan Kamis selama 4 jam setiap harinya.

Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriBanner Pesan Novel Baswedan untuk Istri/ Foto: HaiBunda/Mia

"Pertama kali kerja itu aku jadi cleaning service, tukang gosok WC guys di tempat kerjanya suamiku," ucapnya.

Dalam seminggu, Mita bekerja dengan total waktu 8 jam. Meski hanya bekerja sebagai cleaning service, Mita berhasil mengumpulkan uang dengan gaji yang cukup mahal.

Setiap bulan, Mita mendapatkan penghasilan 6 ribu krona Swedia per bulan atau sekitar Rp10 juta. Namun ia hanya sempat bekerja selama dua bulan sebagai cleaning service karena hamil.

"Itu kalau tidak salah cuma dua bulan karena Maretnya aku hamil. Tetapi Tuhan berkehendak lain karena aku keguguran," cerita Mita.

Usai mengalami keguguran, Mita disarankan untuk beristirahat di rumah. Namun ia tak patah semangat, Bunda. Mita langsung kembali bekerja ketika mendapat panggilan kerja berikutnya.

Kali ini Mita ditawari untuk bekerja di pabrik tempat suaminya menjabat sebagai team leader. Mita pun memulai pekerjaan sebagai buruh pabrik. Namun kali ini, ia mendapatkan gaji yang lebih fantastis.

"Ini kerjanya tuh bukan kerja kayak kantoran, aku memang buruh pabrik. Itu gajinya 28 ribu krona tiap bulan. Bayangkan itu kayak sekitar Rp46 juta," ujarnya.

Meski mendapatkan gaji fantastis tersebut, Mita dihadapkan dengan pajak di Swedia yang cukup besar. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, simak juga cerita pasangan beda negara, kerja keras di pesta pernikahan orang lain dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PAJAK DAN BIAYA HIDUP BESAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!