sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Merawat Tanaman Hias Bunga Anggrek Agar Tumbuh Subur, Perlu Diketahui Nih

Nisa Hayyu Rahmia Senin, 11 Oct 2021 04:00 WIB
Dendrobium orchid. Woman taking care of home plats. Close-up of female hands holding flowers. Interior decor Foto: Getty Images/iStockphoto/Maryviolet

Bunga anggrek menjadi salah satu tanaman hias kegemaran orang Indonesia. Cara merawat bunga anggrek agar tumbuh subur juga sebenarnya mudah dilakukan asal Bunda mengetahui tipsnya.

Meski sama-sama indah, bunga anggrek yang biasa terdapat di pasaran terbagi menjadi lima jenis, yakni phalaenopsis, onsidium, vanda, dendrobium, dan epidendrum. Bunda bisa melihat-lihat di toko bunga, mana jenis anggrek yang Bunda sukai dan cocok dengan dekorasi rumah Bunda.

Nah, jika Bunda telah mengetahui jenis anggrek mana yang akan Bunda pilih, simak tips dan cara merawat bunga anggrek agar tumbuh subur dikutip dari beberapa sumber.


1. Tentukan area penanaman

Sebelum memutuskan untuk membeli bunga anggrek, Bunda harus menentukan di mana bunga anggrek tersebut akan ditanam. Apakah Bunda tinggal di apartemen, atau memiliki balkon, atau justru memiliki lahan.

Sedikit tips untuk Bunda, apabila Bunda ingin menanam anggrek secara indoor, Bunda bisa memilih anggrek phalaenopsis yang juga dikenal sebagai anggrek ngengat. Anggrek tersebut dikenal dengan kelebihannya yang tidak membutuhkan banyak air dan cahaya.

2. Ketahui kebutuhan air dan cahaya

Penyiraman dan pencahayaan menjadi hal terpenting dalam menanam dan merawat bunga anggrek. Kesalahan yang sering terjadi adalah memberi terlalu banyak air dan anggrek kekurangan cahaya.

Perlu diketahui, tiap anggrek memiliki kebutuhan air dan cahaya yang berbeda-beda, Bunda.

Tapi, bagaimana cara mengetahui bahwa anggrek tersebut membutuhkan atau justru kelebihan air dan cahaya? Apabila Bunda membeli anggrek ketika sudah tumbuh, dapat dipastikan bahwa Bunda membelinya dalam keadaan terbaik.

Maka dari itu, perhatikan bagaimana bunga anggrek ketika ia sedang segar. Seperti bunga pada umumnya, jika kekurangan air dan cahaya, anggrek akan berdaun layu, akarnya menjadi benar-benar putih, dan media bahan organik dalam pot terpisah dari potnya.

Ada beberapa orang yang memberi tips untuk menggunakan es batu di atas permukaan tanah untuk mengairi tanaman hias bunga anggrek. Namun, hal tersebut kurang tepat, Bunda. Es batu dapat menyebabkan kerusakan akar. Maka, penggunaan air dingin atau es batu sangat tidak disarankan.

Empat tips lainnya bisa Bunda simak di halaman selanjutnya. Jangan lupa cek, ya, Bunda.

Selain bawa hoki, ada juga jenis tanaman hias yang dipercaya bawa sial Bun. Simak video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MERAWAT BUNGA ANGGREK AGAR TUMBUH SUBUR: REPOTING ANGGREK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!