sign up SIGN UP search


moms-life

Rumah Tua Wanita RI & Pria China 10 Tahun Kosong, Ini Wujudnya Setelah Dibersihkan

Asri Ediyati Minggu, 10 Oct 2021 20:31 WIB
Tika dan Weixun caption
Jakarta -

Akses dan kondisi rumah biasanya menjadi bahan pertimbangan utama pasangan suami istri dalam memilih dan menempati rumah. Namun, pasangan beda negara, Tika dan Weixun ini malah ingin menempati rumah yang tak dihuni selama 10 tahun di desa terpencil, di China.

WNI asal Lombok yang menikah dengan pria China itu harus melewati daerah perbukitan yang masih sangat asri. Banyak pepohonan serta tanaman rambat dan tumbuhan ilalang di sepanjang perjalanan. Tika dan Weixun juga harus melewati jembatan untuk menyeberangi sungai.

"Perjalanan ke desa terpencil lumayan jauh. Kami menggunakan motor untuk ke sana," kata Tika dalam tayangan vlognya, dikutip dari kanal YouTube Daily Tika Weixun di China.


Rumahnya terlihat memiliki gaya arsitektur klasik khas China. Terdapat banyak ornamen khas bangunan China, sebagian besar tembok terbuat dari kayu. Atapnya yang memiliki bagian runcing juga membuat cantik dan seolah menambah nilai historis rumah tersebut.

Tika dan WeixunRumah Tika dan Weixun/ Foto: YouTube Daily Tika Weixun di China.

Menurut Tika, rumah ini tadinya dihuni oleh keluarga Weixun. Namun, sudah lama ditinggalkan, dan kondisi sekitarnya dibiarkan begitu saja.

"10 tahun rumah ini enggak dihuni," ungkap Tika menjelaskan sumber alasan mengapa rumah tersebut harus diperbaiki.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaBanner Wanita RI jadi Buruh di Swedia/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Sayangnya, karena rumah selama satu dekade tak ditempati, kondisi rumah dipenuhi rumput-rumput. Bahkan, sampai ada padi yang tumbuh di teras.

Di sekitarnya, terdapat hamparan sawah. Halamannya luas dan ditutupi rumput cukup tinggi. Tika dan Weixun berencana juga bakal 'menyulap' halaman terbengkalai sekitar rumah mereka menjadi taman bermain.

Di halamannya yang super luas itu, mereka juga berencana akan tanami buah-buaan sayur-sayuran. Kondisinya masih perlu dibenahi, rumput-rumput liar perlu disiangi, Bunda.

Begitu masuk ke dalam rumah, kesan rumah kuno begitu terasa. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga cerita Tika dan Weixun tentang pernikahan mereka di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGINTIP RUMAH TRADISIONAL KELUARGA CHINA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!