sign up SIGN UP search


moms-life

9 Cara Siapkan Dana Pendidikan Pilihan Bunda: Investasi Emas - Hewan Ternak

Muhayati Faridatun Rabu, 13 Oct 2021 15:00 WIB
Asian kindergarten school girl with mother video conference e-learning with teacher on laptop in living room at home. Homeschooling and distance learning ,online ,education and internet. caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah tentu perlu mempersiapkan dana pendidikan anak. Terlebih jika kita menginginkan Si Kecil menempuh pendidikan hingga jenjang tertinggi.

Seperti Bunda tahu, biaya pendidikan selalu ada kenaikan tiap tahun. Inilah pentingnya orang tua mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. Berbagai cara bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Seperti para Sahabat HaiBunda yang berbagi pengalaman mempersiapkan dana pendidikan anak, melalui Instagram story @haibundacom baru-baru ini. Pilihan caranya bermacam-macam, Bunda, mulai dari investasi emas hingga hewan ternak.


Sebanyak 93 persen dari 727 responden menyatakan, dana pendidikan perlu dipersiapkan sejak anak masih kecil. Sementara 50 responden lainnya menganggap tidak perlu, Bunda. Ada juga nih yang hanya menyimak karena belum menentukan pilihan caranya.

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

Selanjutnya, dari total 60 responden yang menjawab (2 responden tidak memilih), berikut 9 cara mempersiapkan dana pendidikan anak pilihan Sahabat HaiBunda:

1. Investasi emas (22 responden)
2. Auto debet / tabungan pendidikan di bank (15)
3. Asuransi pendidikan (7)
4. Reksadana (4)
5. Saham kripto (2)
6. Deposito (1)
7. Investasi tanah (1)
8. Investasi hewan ternak (1)
9. Menabung jika ada dana 'kaget' (1)

Berikut beberapa alasannya:

"Karena masih hamil dan sekolah anak masih lama, aku dan suami lebih invest ke LM (logam mulia)," kata Bunda @sher*****.

Bunda @inda***** pilih investasi emas juga dan alasannya, "Jajan emas, Bun, jadi uangnya aman nggak kebeli bakso."

"Rutin auto debet tiap bulan," ujar Bunda @mars*****.

"Belikan hewan ternak awalnya sepasang, nanti beranak jadi banyak terus dijual," kata Bunda @herl*****.

Bunda @yoha***** memilih asuransi, alasannya: "Asuransi kesehatan yang ada investasinya. Dapat asuransi kesehatan dan uang buat sekolah."

Sementara itu, Bunda @vick***** baru menabung jika ada dana lebih. Alasannya, "Dana kaget, kadang kalau direncanakan nggak jadi-jadi. Masukkan celengan seadanya dan semaunya."

Nah, sangat beragam ya pilihan dan alasannya. Perlu diingat juga nih, Financial Planner Mike Rini menyarankan, dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, jangan fokus pada tabungan pendidikan saja. Menurutnya, tabungan pendidikan hanya produk yang akan membantu.

"Ibaratnya, itu kendaraan yang digunakan untuk mencapai tujuan keuangan. Misal dari Jakarta mau ke Surabaya, tabungan ini adalah pesawatnya, kendaraannya, tapi Anda mau ke mana dan kapan kan Anda yang tentukan," tuturnya.

Lalu, bagaimana dengan pilihan Bunda? Share di kolom komentar yuk!

Simak juga saran perencana keuangan tentang 3 langkah mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!