sign up SIGN UP search


moms-life

4 Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digabung dengan Vitamin C, Cek Yuk Bun!

Mutiara Putri Kamis, 14 Oct 2021 06:30 WIB
RETINOL HINGGA NIACINAMIDE
Close up unhappy sad woman looking at red acne spots on chin in mirror, upset young female dissatisfied by unhealthy skin, touching, checking dry irritated face skin, skincare and treatment concept caption

2. Retinol

Retinol atau retinoid adalah senyawa anti-penuaan yang bisa bantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah, Bunda. Enggak hanya itu, retinol juga bisa meningkatkan produksi kolagen, lho.

Menggabungkan retinol dengan vitamin C adalah ide buruk yang bisa menyebabkan masalah serius pada kulit. Kulit akan mengelupas, merah, dan juga mengalami iritasi.

Meski begitu, keduanya masih bisa Bunda gunakan dengan syarat. Vitamin C adalah kandungan skincare yang baiknya digunakan pada pagi hari. Sedangkan retinol akan bekerja dengan baik di malam hari.


3. AHA/BHA

Alpha hydroxy acids (AHA) dan Beta hydroxy acids (BHA) adalah kandungan skincare yang bisa mengelupas atau mengeksfoliasi, Bunda. AHA akan membantu memperbarui kulit, sedangkan BHA akan masuk lebih jauh ke dalam pori-pori serta menghilangkan sel-sel kulit mati dan sebum yang berlebihan.

AHA, BHA, dan vitamin C adalah sama-sama bahan asam, Bunda. Karena itu, saat menggunakan AHA/BHA yang dilapisi dengan vitamin C, kulit Bunda akan mengalami iritasi.

Sama seperti retinol, Bunda bisa gunakan vitamin C di pagi hari. Sedangkan AHA/BHA akan bekerja lebih baik di malam hari. Kalau ingin, Bunda juga bisa menggunakan AHA/BHA di pagi hari dan vitamin C di malam hari.

4. Niacinamide

Niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3, Bunda. Fungsi niacinamide adalah sebagai nutrisi penting yang bisa bantu membentuk protein pada kulit. Tak hanya itu, niacinamide juga bisa mengatasi warna kulit yang tak merata, mengecilkan pori-pori, serta mencegah garis-garis halus serta kerutan.

Meski memiliki banyak manfaat, niacinamide tidak bisa digabungkan dengan vitamin C. Vitamin C akan membatalkan semua proses kimiawi yang dikerjakan oleh niacinamide, Bunda. Kalau digabung, keduanya akan menyebabkan kulit jadi memerah dan memicu jerawat.

Bunda, saksikan juga video rekomendasi sunscreen stick buatan lokal berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!