sign up SIGN UP search


moms-life

Sama-sama Idap Thalassemia, Pasangan Pilih Putus Daripada Turunkan Penyakit ke Anak Kelak

Annisa A Kamis, 21 Oct 2021 13:40 WIB
Grief divorce couple holding broken heart. Unhappy relationship hurt feeling for lover. valentine concept. caption
Jakarta -

Thalassemia minor merupakan penyakit kelainan darah yang dapat diturunkan kepada anak. Hal itu terpaksa membuat pasangan pengidap penyakit tersebut kandas di tengah jalan.

Kisah pilu itu dibagikan oleh akun TikTok @s****t. Dalam unggahannya, pemilik akun itu bercerita bahwa ia dan pasangannya terpaksa berpisah karena sama-sama membawa penyakit thalassemia minor dalam gen mereka.

Pasangan itu pasrah dan berlapang dada karena tak mau menyebabkan anak mereka nanti mengidap thalassemia mayor. Mereka pun berpisah usai tiga tahun menjalin kasih.


"Setelah tiga tahun berpacaran. Kami mengetahui bahwa kami berdua memiliki thalassemia minor. Setelah diskusi panjang, kami akhirnya memutuskan untuk putus. Dan ini adalah video hari terakhir kami sebagai pasangan. Pernikahan adiknya. Pelukan terakhir sebagai pasangan," tulisnya.

Meski tergolong ringan, thalassemia minor dapat mengakibatkan jenis mayor yang lebih parah apabila diturunkan melalui gen kepada anak. Penyakit genetik ini terjadi akibat rusaknya gen pembentuk hemoglobin atau sel darah merah.

Banner 14 Resep Masakan Serba Murah

Kasus yang menimpa pasangan pengidap thalassemia minor ini pun membuat warganet sedih. Sebab, keduanya sadar dan ikhlas berpisah demi nasib keturunan mereka di kemudian hari. Tak hanya soal anak, wanita tersebut juga memikirkan risiko lain apabila menikah dengan sesama pengidap thalassemia.

"Thalassemia menjadi alasannya kita putus. Banyak yang berpendapat bahwa itu hanya seputar masalah anak, tapi kenyataannya concern kita berdua nggak cuma di anak tapi juga memikirkan perihal finansial dan masalah yang mungkin akan timbul ketika kita tetap memaksakan untuk bersama," ungkapnya.

Selain faktor finansial dan rentannya keturunan dengan kondisi serupa, ia dan kekasihnya memutuskan tidak melanjutkan hubungan mereka agar tak mengganggu kondisi kesehatan mereka masing-masing.

"Karena jika ditarik lebih jauh dan dilihat dari sisi yang lebih besar. Satu masalah yang dibilang orang hanya "thalassemia" bisa memunculkan banyak dampak lainnya yang mungkin tidak kita pikirkan," ujarnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Saksikan juga video manfaat tes darah untuk deteksi penyakit saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/anm)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!