sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membersihkan Ruangan di Rumah dengan Efektif, Empaskan Debu & Jamur!

Bella Barliana   |   Haibunda Rabu, 27 Oct 2021 17:15 WIB
Cleaning lady with tool in cleaning in mask on a blurred background. caption
Jakarta -

Debu dan jamur adalah jenis kotoran yang ada di seluruh ruangan di rumah Bunda. Bahkan, kotoran ini dapat muncul kembali meskipun Bunda sudah sering membersihkan setiap sudutnya. Hal ini tentu akan menyulitkan Bunda, bukan?  

Beberapa orang mungkin berpikir untuk membiarkan debu dan jamur terkumpul di ruangan dalam waktu yang lama, agar tidak perlu membersihkannya terlalu sering. Namun, hal ini bukanlah solusi.

Selain membuat rumah tidak nyaman untuk ditinggali, debu dan jamur yang dibiarkan menumpuk juga akan membahayakan kesehatan Bunda dan keluarga di rumah, terutama jika ada yang menderita alergi.


Membersihkan ruangan di rumah dengan rutin tidak sulit, selama Bunda mengetahui tips dan cara yang tepat untuk menyingkirkan debu dan jamur di rumah. Kegiatan pembersihan ini akan menjadi lebih efektif, dan anggota keluarga akan makin nyaman tinggal di rumah.

Apa saja ya tipsnya? Dilansir dari The Spruce, berikut cara membersihkan ruangan di rumah dengan efektif, untuk mencegah debu dan jamur yang menumpuk. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1. Kamar tidur

Bunda, kamar tidur adalah salah satu ruangan di mana anggota keluarga menghabiskan banyak waktu di rumah. Kamar tidur biasanya diisi oleh banyak barang-barang dengan permukaan lembut dan mudah menyerap debu, seperti kasur, bantal, selimut, seprai.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkannya secara rutin. Bunda bisa mulai dengan mengganti dan mencuci seprai, sarung bantal, dan selimut dengan air panas, setidaknya sekali dalam seminggu.

Jangan lupa juga untuk membersihkan barang-barang lain yang ada di kamar tidur, seperti kipas, lampu, gorden, dan furnitur rumah lainnya menggunakan alat pembersihan. Bunda juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti karpet lantai dengan ubin solid, agar mengurangi material yang bisa menyimpan debu.

Jika memiliki hewan peliharaan, Bunda disarankan untuk menjauhkannya dari kamar tidur, untuk mencegah bulu hewan yang bertebaran.  

2. Kamar mandi

Jamur adalah kotoran yang biasanya muncul di ruangan dengan kelembapan tinggi, seperti kamar mandi. Bunda bisa mencegah penumpukan jamur menggunakan produk pembersih khusus atau campuran air dan pemutih dengan takaran 3 banding 1.

Jika ada sudut yang sulit dibersihkan, gunakan handuk kertas yang dibasahi dengan larutan pemutih lalu letakkan di sudut tersebut, biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian gosok menggunakan sikat dan bilas.

Ketika melakukan semua pembersihan ini, jangan lupa untuk menggunakan pelindung tangan agar mencegah kulit terpapar bahan kimia secara langsung.

Untuk mencegah jamur yang kembali muncul, Bunda perlu memastikan beberapa hal seperti keringkan bak mandi atau pancuran dengan handuk khusus setiap selesai digunakan, gantung handuk agar cepat kering, dan ganti keset kamar mandi serta tirai secara rutin.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video 5 tips atasi WC mampet berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



REBUSAN KULIT JERUK DAN REMPAH-REMPAH BISA JADI BAHAN PENYEGAR RUANGAN BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!