sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membersihkan Lantai Keramik Rumah yang Baru Dipasang, Coba Tips Ini Bun!

Bella Barliana Kamis, 14 Oct 2021 04:00 WIB
Attractive young Asian woman mopping tile floor at living room while doing cleaning at home during Staying at home using free time about their daily housekeeping routine. Ilustrasi cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang. Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb
Jakarta -

Setelah melakukan pemasangan lantai keramik baru di rumah, Bunda mungkin akan merasa senang melihat susunan ubin. Namun, ketika memperhatikan hasilnya dengan lebih cermat, biasanya akan terlihat sisa-sisa noda atau nat yang berasal dari campuran semen dan air ketika proses pemasangan.

Nat adalah lapisan berwarna putih yang biasa tertinggal di lantai keramik setelah pemasangan. Jika Bunda telah mengelap keramik dengan spons basah, sisa-sisa nat akan tetap ada hingga dilakukan metode pembersihan lain.

Hal ini tentu akan mengganggu penampilan lantai baru di rumah Bunda dan akan membuat pusing ketika memikirkan cara membersihkannya. Cara terbaik untuk mengurangi noda atau nat pada lantai yang baru dipasang adalah segera membersihkannya sebelum nat mengeras.


Meskipun demikian, dibutuhkan beberapa cara lain untuk menghilangkan sisa nat sepenuhnya dan membuat lantai di rumah Bunda terlihat bersih. Dilansir dari Hunker, berikut adalah beberapa cara membersihkan lantai keramik rumah yang baru dipasang.

1. Gunakan kain katun kering

Nat pada lantai keramik yang baru dipasang mungkin akan lebih mudah dihilangkan dengan menyekanya menggunakan kain tipis kering. Tetapi, Bunda harus memberikan waktu setidaknya 24 jam sebelum mengelapnya.

Baim Wong Adzankan Anak Kedua

Cara ini bekerja efektif untuk menghilangkan nat yang bersifat ringan dan mudah dilepas. Setelah menyeka nat dengan kain, Bunda bisa menyapu atau menyedot sisa-sisanya untuk membersihkan lantai keramik.

2. Gunakan handuk yang dibasahi dengan air

Jika kain katun kering tidak berhasil, Bunda bisa coba mencelupkan kain atau handuk ke dalam air biasa atau air hangat, lalu peras agar kain tetap lembab tetapi tidak sampai basah kuyup. Kelembaban terkadang bisa membuat nat kembali muncul lebih jelas di atas lantai keramik.

Dilansir dari SFGate, Bunda juga bisa menggunakan spons yang dicelupkan ke ember, lalu usap lantai keramik secara melingkar dan bersihkan sepanjang tepi garis nat. Setelah selesai, biarkan ubin benar-benar kering dan gosok sisa nat yang tersisa dengan kain bersih.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video 5 tips ampuh mengusir tikus pakai bawang hingga kentang berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

HATI-HATI KETIKA MENGGUNAKAN PEMBERSIH LANTAI KERAMIK YANG MENGANDUNG ASAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!