sign up SIGN UP search


moms-life

4 Langkah Atasi WC Mampet Tanpa Perlu Dibongkar, Pakai Cara Ini Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 26 Oct 2021 05:20 WIB
White Toilet Bowl In A Bathroom caption
Jakarta -

Toilet atau WC adalah salah satu alat yang terletak di dalam kamar mandi, Bunda. WC sendiri memiliki fungsi sebagai alat sanitasi atau tempat untuk buang air kecil dan besar.

Bisa dibilang, WC merupakan alat yang paling penting di dalam rumah, khususnya kamar mandi. Kalau WC dalam keadaan mampet atau tersumbat, otomatis aktivitas Bunda dan keluarga di dalam kamar mandi akan terhambat.

Toilet mampet adalah salah satu permasalahan yang tak akan bisa dihindari di rumah, Bunda. Karena sulit dibersihkan, Bunda jadi lebih memilih untuk memanggil tukang sedot WC dan menghamburkan uang.


WC yang tersumbat biasanya terjadi karena banyaknya sampah yang masuk ke dalam toilet. Tak hanya itu, terkadang ada pula kertas, kain, serbet, cutton but, pembalut, dan produk lain yang tidak seharusnya dibuang ke dalam WC yang menyebabkan WC Jadi tersumbat.

WC yang mampet bisa mengeluarkan bau tak sedap yang mengganggu kenyamanan selama di rumah, Bunda. Enggak hanya itu, kalau dibiarkan terlalu lama, WC Bunda bisa jadi akan meluap dan banjir.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg

Melansir dari The Spruce, WC mampet bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari membuang sampah yang tak terurai air seperti tisu, saluran utama pembuangan rusak, hingga ventilasi pipa terhalang.

Ketika sudah terlampau kesal dengan WC mampet, Bunda mungkin terpikir untuk memanggil jasa sedot WC saja. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukannya, coba lah untuk mengatasinya sendiri agar bisa menghemat.

Caranya juga cukup ekonomis dan mudah. Bunda dapat memanfaatkan sabun cuci piring dan air panas untuk menyelesaikan permasalahan ini, lho.

Hal tersebut cukup sederhana, kombinasi air panas dan sabun cuci piring membantu melarutkan dan memecah apa pun yang bersarang di kamar mandi dan menyebabkan penyumbatan.Lantas, mengapa sabun cuci piring bisa mengatasi WC mampet?

Tips atasi WC mampet tanpa dibongkar

Dirangkum dari beberapa sumber, begini cara mengatasi WC mampet menggunakan sabun cuci piring tanpa perlu dibongkar.

1. Persiapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang perlu Bunda persiapkan sebelum Bunda bertempur mengatasi WC mampet adalah sabun cuci piring, air panas, dan ember. Bunda bisa menggunakan sarung tangan karet jika memang dirasa perlu.

Perlu ditekankan, Bunda wajib menggunakan air panas, ya. Namun, jangan juga menggunakan air yang mendidih karena hal tersebut bisa memecahkan toilet atau justru lebih parahnya sampai melukai Bunda.

Apabila tak ingin merebus air, memanfaatkan air dari water heater di rumah juga dapat dijadikan pilihan. Jangan lupa untuk menyiapkan cukup banyak air panas.

Bunda, masih ada tahap lainnya yang perlu Bunda lakukan untuk mengatasi WC mampet menggunakan sabun cuci piring. Klik baca halaman selanjutnya, yuk.

Simak juga video kisah seorang Bunda asal Bandung yang berprestasi dan kini jadi IRT:

[Gambas:Video Haibunda]



TUANGKAN AIR PANAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!