sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Membuat Pupuk Kompos di Rumah, Campurkan Bahan Basah dan Kering

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 11:20 WIB
The man's hands in gardening gloves are sorting through the chopped wood of the trees. Mulching the tree trunk circle with wood chips. Organic matter of natural origin caption
Jakarta -

Merawat tanaman hias memang susah-susah gampang nih, Bunda. Meski begitu, yang terpenting adalah Bunda tahu cara merawatnya mulai dari penyiraman hingga pemberian pupuk.

Sama seperti manusia, tanaman juga perlu makan dan minum agar bisa tumbuh subur. Karena itu, pupuk sangat berperan penting dalam proses merawat tanaman.

Salah satu jenis pupuk yang bisa membantu pertumbuhan tanaman adalah pupuk kompos. Pupuk kompos bisa terbuat dari potongan buah, sayur, ampas kopi, kulit telur, potongan rumput, daun kering, kayu, koran sobek, sedotan hingga serbuk gergaji. Bahan-bahan ini tentu sangat mudah ditemukan, Bunda.


Meski banyak bahan yang bisa dijadikan pupuk kompos, ternyata ada pula bahan yang tidak bisa dikomposkan. Misalnya saja daging, minyak, lemak, bahan tanaman yang sakit, serbuk gergaji kasar, kotoran hewan anjing atau kucing, gulma yang menjadi benih, hingga produk susuk.

Banner Resep Budget Rp30 Ribu

Cara mudah membuat pupuk kompos

Setelah mengetahui bahan yang bisa digunakan untuk membuat pupuk kompos, Bunda juga perlu tahu cara membuatnya, nih. Mengutip dari laman Better Homes & Gardens, berikut ini deretan langkahnya.

1. Kumpulkan bahan

Saat ingin membuat pupuk kompos, pastikan Bunda sudah mengumpulkan banyak bahan menjadi satu tumpukan, ya. Setidaknya, Bunda sudah memiliki 90 cm tumpukan dalam sebuah wadah. Setelahnya, campurkan bahan hijau dan cokelat.

Bahan hijau adalah bahan basah dari sisa-sisa dapur dan ampas kopi, kotoran hewan selain anjing dan kucing, serta sisa tanaman rumput segar. Sementara itu, bahan cokelat adalah bahan kering seperti daun kering, patahan cabang pohon, koran, jerami, dan serutan kayu.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Bunda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut. Kalau campuran kompos Bunda terlalu basah dan berbau, Bunda bisa tambahkan lebih banyak bahan cokelat.

2. Siram dengan air

Setelah mencampur bahan cokelat dan hijau, siram air di atas tumpukan kompos secara teratur hingga memiliki konsistensi seperti spons basah, Bunda. Ingat juga agar tidak menambahkan terlalu banyak air pada tumpukannya, ya. Hal ini bisa membuat mikroorganisme di dalamnya tergenang dan membusuk.

Bunda harus memantau suhu tumpukan kompos dengan menggunakan termometer. Kalau tidak memiliki termometer, cukup raih ke tengah tumpukan dengan tangan Bunda dan rasakan apakah tumpukan kompos terasa hangat.

Simak langkah selanjutnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda, jangan lupa simak juga video tanaman yang bermanfaat untuk kecantikan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBUAT PUPUK KOMPOS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!