sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas & Tips Agar Bersih Tahan Lama

Niken Damayanti   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 09:40 WIB
Hand in blue glovesw cleaning washing mashine with piece of cloth caption

Siapa yang bilang mesin cuci tak perlu dibersihkan? Walaupun terlihat bersih, tetapi sebenarnya ada kotoran dan residu yang tak terlihat pada mesin cuci, maka dari itu Bunda perlu membersihkan mesin cuci juga agar mesin cuci tetap awet ya, Bun.

Mesin cuci yang jarang dibersihkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Alih-alih membuat pakaian bersih dan segar, bisa-bisa pakaian Bunda yang dicuci jadi bau.

Tak hanya bagian luarnya yang perlu dibersihkan, bagian dalam juga tentu penting untuk dibersihkan karena jika tidak bisa menimbulkan bakteri dan jamur yang berdampak ke pakaian yang sedang di cuci.


Untuk alat dan bahan, Bunda hanya perlu menyiapkan cuka dan klorin, sikat gigi bekas, kain lap microfiber dan sabun cuci piring. Untuk cara membersihkan mesin cuci selengkapnya, Bunda bisa lihat di bawah ini seperti yang sudah Bubun rangkum dari The Spruce. Yuk simak!

1. Kosongkan mesin cuci 

Sebelum Bunda membersihkan bagian dalam mesin cuci, baiknya Bunda bisa periksa terlebih dahulu untuk memastikan mesin cuci telah kosong dari pakaian dan air deterjen. 

Jika sudah kosong, sebelum ke langkah berikutnya, siapkan air panas untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci. 

2. Masukkan air panas yang telah dicampur cuka dan klorin

Setelah Bunda menyiapkan rebusan air panas sambil mengatur siklus waktu paling lama tersedia pada mesin cuci, kemudian masukkan cuka atau klorin (pilih salah satu). 

Ketika sudah selesai, pastikan mesin cuci Bunda sudah bersih karena penting agar memastikan cuka ataupun klorin tak ada yang tersisa sebelum langkah berikutnya.

Kedua bahan tersebut dapat menghasilkan gas beracun dan sangat membahayakan jika dicampur. Apabila Bunda sensitif terhadap bau klorin, pastikan Bunda melakukan pencucian ini di tempat yang memiliki ventilasi yang baik, ya.

3. Bersihkan wadah deterjen

Beberapa mesin cuci mempunyai wadah deterjen. Nah, Jika Bunda memiliki mesin cuci yang ada wadah deterjennya, jangan sampai kelewat membersihkan bagian ini, ya. 

Panaskan campuran air dan cuka hingga mendidih, lalu masukkan air tersebut ke dalam wadah dan diamkan 15 menit atau sampai wadah bersih dari residu.

Tetapi jika wadah deterjen Bunda bisa dilepas pasang, Bunda bisa melepas dan merendamnya di ember besar yang berisi air panas, lalu masukkan air cuka yang telah dipanaskan dan diamkan selama 15 menit.

Teruskan membaca halaman berikutnya untuk cara membersihkan mesin cuci lebih lanjut.

BILAS DAN BERSIHKAN BAGIAN LUAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!