sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas & Tips Agar Bersih Tahan Lama

Niken Damayanti   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 09:40 WIB
BILAS DAN BERSIHKAN BAGIAN LUAR
Bunda memiliki mesin cuci bukaan atas, tapi bingung untuk membersihkannya? simak selengkapnya yuk! ada beberapa cara dan tips agar mesin cuci tetap awet. caption

4. Bilas dengan air panas

Nah, jika Bunda sudah melakukan cara membersihkan mesin cuci tahap pertama dengan cuka atau klorin. Bunda bisa memasukkan lagi air panas ke dalam mesin cuci lalu jalankan mesin dengan waktu putaran paling lama untuk memastikan mesin cuci sudah benar-benar bersih.

Jika sudah terhenti, biarkan mesin cuci menyelesaikan pembuangannya. Setelah selesai, Bunda bisa membersihkan bagian dalam dengan kain lap atau tissu untuk menghilangkan residu yang tersisa. 

5. Bersihkan bagian luar

Setelah bagian dalam selesai dibersihkan, saatnya membersihkan bagian luar mesin cuci. Siapkan sabun pencuci piring, sikat gigi, dan kain lap mikrofiber. 


Pertama, campurkan air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring, lalu gunakan lap mikrofiber untuk membersihkannya. Untuk bagian buka tutupnya, Bunda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk masuk ke sudut dan tempat yang rapat pada tutupan mesin cuci.

6. Cara menjaga mesin cuci tetap bersih dalam waktu lama

Mesin cuci yang bersih tentu membuat Bunda lebih nyaman dan tenang saat mencuci pakaian. Hal ini memang perlu dilakukan secara berkala ya, Bunda. Sementara itu, coba tips berikut ini agar mesin cuci tetap bersih dan tahan lama. 

  • Jika Bunda telah selesai mencuci baju, biarkan tutupnya tetap terbuka agar dapat mengering dan mengurangi risiko pertumbuhan jamur dan lumut.
  • Jangan meletakkan sabun cucian atau cairan pewangi di atas mesin cuci, karena tumpahan dapat merusak dan mengotori bagian atas mesin cuci.
  • Gunakan senter untuk memeriksa keranjang mesin cuci dengan hati-hati untuk mencari bagian yang dapat memberikan noda karat pada pakaian.

Semoga informasinya bermanfaat, Bunda!

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!