sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Babyccinos, Minuman Sejenis 'Cappuccino' untuk Si Kecil Nih Bun

Bella Barliana Minggu, 21 Nov 2021 21:00 WIB
Child licks his finger with closed eyes of pleasure standing at the table with croissants Ilustrasi anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/Gartmanart.
Jakarta -

Jika biasanya kopi dikonsumsi oleh orang dewasa, kali ini anak-anak juga bisa mengonsumsinya, lho. Tentu saja jenisnya berbeda ya, Bunda. Orang-orang menyebut jenis minuman kopi untuk anak-anak ini adalah babyccinos, cappuccino untuk bayi.

Sebelum mengetahui resep babyccinos, akan lebih baik jika Bunda mengetahui dulu tentang minuman yang satu ini. Babyccinos adalah istilah untuk minuman cappuccino tanpa kafein khusus untuk Si Kecil.

Minuman ini biasa dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat, mirip seperti penyajian cappuccino untuk orang dewasa. Budaya kopi yang berkembang pesat di Brooklyn menular ke pengunjung kafe termuda di wilayah itu, yakni anak-anak. Banyak dari anak-anak di sana yang menolak meminum kotak jus demi mengonsumsi babyccinos, atau cangkir berbusa dari susu yang dikukus.


Pada dasarnya, babyccinos bukanlah istilah baku. Beberapa toko kopi menggunakan kata ini untuk menggambarkan minuman mirip macchiato yang menampilkan segelas espresso tanpa kafein dengan susu kukus dan buih.

Sementara itu, ada juga yang menggunakannya untuk menggambarkan susu kukus dengan busa di atasnya dan sentuhan kayu manis. Tren ini dimulai di Australia sekitar satu dekade lalu dan menyebar sampai ke Inggris.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Saat ini, Bunda juga sebenarnya bisa menemukan banyak resep pembuatan minuman ini di internet atau menggunakan platform YouTube, lho.

Babyccinos telah menjadi sangat populer di Australia sehingga akan sulit untuk menemukan kafe yang tidak memilikinya di menu mereka,” kata Paul Caligiore, seorang pakar kopi, seperti dikutip dari Brooklyn Paper.

Penggemar babyccinos mengatakan popularitas minuman ini telah melonjak di Brooklyn selama beberapa bulan terakhir. Banyak ibu di Brooklyn yang tidak segan-segan mengajak anak-anak dan memperkenalkannya dengan budaya kafe yang berkembang pesat di wilayah tersebut.

Babyccinos dapat membantu kedai kopi menjangkau generasi baru peminum dan itu tidak selalu buruk bagi anak-anak, selama mereka tetap menggunakan kopi tanpa kafein. Dokter mengatakan bahwa kafein tidak sehat untuk anak-anak dalam jumlah besar, tetapi segelas espresso tanpa kafein mengandung lebih sedikit kafein daripada minuman bersoda.

Jadi, jika Bunda ingin memberikan babyccinos untuk Si Kecil, hal penting yang perlu diperhatikan adalah jumlah pemberian yang tidak berlebihan. Hal ini karena dilansir She Knows, kafein dalam bentuk apa pun termasuk minuman ini memiliki sifat adiktif dan membuat lebih cepat dehidrasi.

Babyccinos ini juga sebaiknya diberikan kepada Si Kecil yang sudah berusia di atas 2 tahun ya, Bunda. Meskipun bebas kafein, menurut Dr. Wendy Slusser dari Mattel Children's Hospital UCLA hal tersebut dapat merampas zat besi pada tubuh Si Kecil.

"Pada anak anemia sekalipun akan berdampak kurang baik untuk prestasi belajar mereka," ujarnya dikutip dari detikcom.

Itu artinya, Si Kecil tidak boleh sering-sering mengonsumsi babyccinos ini ya, Bunda. Untuk mengontrol asupan dalam Babbyccinos yang akan diminum Si Kecil, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tertarik melihat resepnya?

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video corn dog renyah ala Chef Steby bisa untuk camilan Si Kecil:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMBUAT BABYCCINOS UNTUK SI KECIL, SIMPEL BANGET BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!