sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Inul Daratista Lewati Masa Sulit, Pernah Makan Nasi Pakai Daun Kelor

Annisa A Selasa, 23 Nov 2021 18:30 WIB
Inul Daratista Inul Daratista/Foto: Instagram @inul.d
Jakarta -

Ainur Rokhimah atau yang lebih dikenal sebagai Inul Daratista merupakan salah satu tokoh pedangdut Tanah Air. Kini hidup sebagai penyanyi sukses, Inul telah melewati kehidupan masa kecil yang serba susah.

Wanita kelahiran Pasuruan, 1 Januari 1979 itu dilahirkan di keluarga tukang jahit yang hidup serba kekurangan. Inul bercerita, ia harus berbagi makanan bersama empat orang adik serta orang tuanya. Ketika permintaan jahitan sedang sepi, keluarga Inul bahkan harus rela menahan lapar.

"Bapakku itu kan penjahit, ongkosnya juga enggak banyak. Masih ada emak, aku, sama adikku 5 orang. Kalau makan itu ya enggak ada yang bisa dimakan kalau orang enggak ada yang ambil jahitan," ujar Inul di acara Pagi Pagi Ambyar Trans TV.


Inul tak pernah menikmati makanan mewah ketika masih kecil. Ia dan keluarganya terbiasa memakan nasi garam, ditambah dengan daun kelor yang dipetik dari pekarangan rumah.

"Kita petik daun kelor, nasi putih dimakan pakai garam. Kadang kalau utang belum dibayar, itu kami enggak berani ngutang lagi," tuturnya.

Banner Wanita Pontianak Nikahi BuleFoto: haibunda.com/Wishfa Hafshah

Bahkan ketika menerima rezeki ekstra, sang Bunda hanya bisa membelikan selembar tempe yang bisa dibagi menjadi tujuh bagian. Inul juga sering mendapatkan makanan sisa dari keempat adiknya, Bunda.

"Kalau ikan nila itu beli di pasar cuma dapat 4 biji, adik saya kan banyak ya. Dipotong-potong gitu, aku makannya belakangan nunggu adik. Cuma dapat bagian buntut atau kepalanya, itu sampai digoreng lagi biar garing," ujarnya.

Di tengah kesulitan itu, Inul sempat merasa kesal dengan sang ayah karena terlalu pasrah dengan keadaan. Ia pun membantu mencari uang bersama Ibunda dengan mengupas kacang di pasar, hingga menjualnya di bus kota. Inul sudah terbiasa bekerja serabutan sejak masih kecil.

"Dari kecil bapakku itu enggak mikirin istri atau anaknya makan apa, gimana, pokoknya pasrahan sama Gusti Allah. Apa aja. Ya buruh cucian, jualan nasi lah, apa lah semuanya aku sudah pernah mengalami itu. Kacang itu aku kupasin sampai kulit saya ikut ngelupas, jadi malu enggak mau diajak salaman," ia bercerita.

Tak kuat dengan hidup serba susah, Inul Daratista mengambil tindakan berani untuk mencari uang lebih banyak. Tekadnya yang kuat untuk mengangkat perekonomian keluarga membuatnya sempat berseteru dengan sang Bunda. Baca di halaman berikutnya.

Saksikan juga video kisah sukses crazy rich Malang yang pernah hidup susah.

[Gambas:Video Haibunda]

MULAI MENYANYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!