parenting

4 Cara Manfaatkan Gadget untuk Bonding dengan Anak

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 29 Mar 2019 17:31 WIB
4 Cara Manfaatkan Gadget untuk Bonding dengan Anak
Jakarta - Gadget kini tak hanya digunakan oleh remaja atau orang dewasa, tapi juga anak-anak. Enggak selamanya pula gadget buruk bagi anak kok, Bun. Asal ada aturan dan konsisten dalam penggunaannya, gadget bisa jadi media bonding Bunda dan si kecil.

Psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas bilang, hal terpenting yang mesti diperhatikan orang tua ketika anak dibolehkan main gadget adalah jangan jadikan gadget sebagai pengganti orang tua. Toh anak terpaksa memainkan gadget, pilih konten berkualitas dan ramah anak.

"Misal, kita ajak anak bikin Instagram Story pakai kamera depan handphone, kan bisa pakai fitur yang lucu-lucu. Nah, kalau itu dipakai bisa jadi ajang lucu-lucuan dan bonding sama anak. Kalau kayak gitu masih bisa ditoleransilah," tutur Anas.



Sementara itu, psikolog Annelia Sari Sani, M.Psi, mengatakan, penting bagi orang tua untuk melek pada perkembangan teknologi agar dapat mengontrol penggunaan gadget anak.

"Agar penggunaan gadget dapat berfungsi optimal bagi tumbuh kembang anak, orang tua diharapkan dapat membuat aturan bagi anak, misalnya dengan membatasi maksimal jam penggunaan smartphone," tutur wanita yang akrab disapa Anne ini, dikutip dari detikcom.

Lalu, beri contoh yang baik pada anak. Dengan kita membatasi pemakaian gadget, anak juga lebih mudah membatasi penggunaan gadget. Lalu, jangan lupa perbanyak aktivitas bersama anak misalnya makan bersama. Meski terkesan remeh, kegiatan ini kata Anne bisa jadi ajang bonding dengan anak, Bun.

Dilansir Family for Life, ada empat hal yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk memanfaatkan gadget dalam membangun bonding dengan anak:

1. Sarana komunikasi bersama

Bunda, Ayah, dan si kecil bisa membuat grup WhatsApp. Grup itu bisa jadi tempat komunikasi Bunda dan keluarga ketika sedang tidak bertatap muka. Selain komunikasi terjalin, bonding juga tercipta kan, Bun?

Enggak cuma itu, anggota keluarga juga bisa berbagi info terbaru lho. Di sini, jika anggota keluarga lain seperti om, tante, kakek, atau nenek hendak bergabung juga tak masalah.

Ilustrasi gadget untuk anakIlustrasi gadget untuk anak /Foto: Thinkstock
2. Hiburan keluarga

Coba sesekali manfaatkan gadget untuk nonton film streaming atau beragam video yang ada di channel YouTube. Lakukan aktivitas nonton bareng ini di malam minggu misalnya, dengan alat bantu infokus atau sambungan USB. Dengan begini, Bunda bisa ciptakan suasana nonton bioskop di rumah.

3. Gadget untuk kesehatan

Manfaatkan gadget untuk kesehatan keluarga, Bun. Salah satunya dengan menginstal fitness tracking apps yang bisa digunakan semua anggota keluarga. Saat olahraga bareng, buat tantangan siapa yang lebih banyak membakar kalori misalnya. Sehingga, kegiatan olahraga bersama keluarga lebih menyenangkan, bonding pun lebih didapat.

4. Sarana permainan

Ilustrasi gadget untuk anakIlustrasi gadget untuk anak/ Foto: Thinkstock
Bukan rahasia jika gadget bisa jadi sarana permainan. Nah, Bunda bisa memberi izin si kakak dan adik bermain games di gadget sehingga terjadi interaksi di antara keduanya. Bahkan, bila Ayah dan Bunda hendak join main games dengan si kecil boleh juga lho. Pastinya makin seru kan, Bun?

Sebagai orang tua, memang kita harus tetap mengawasi anak dalam penggunaan gadget dan memfilter apa konten yang dikonsumsi anak. Selain itu, sebagai langkah bijak sudah semestinya orang tua pintar-pintar memilih gadget untuk anak.

Baru-baru ini, di Indonesia hadir imoo watch phone dengan fitur seperti handphone tapi berbentuk jam tangan. Fitur yang tersedia antara lain melakukan panggilan, mengatur jadwal, mengirim pesan suara, dan location check.

Dengan fitur mode kelas, gawai tahan air ini akan berfungsi sebagai jam tangan biasa.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi