sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Gudang Rumah dan Cara Mencegahnya

Bella Barliana   |   Haibunda Sabtu, 15 Jan 2022 11:21 WIB
Shot of an unrecognisable woman using rubber gloves and disinfectant to clean her home Ilustrasi cara menghilangkan bau apek di gudang rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages
Jakarta -

Ketika memasuki ruangan yang sering tertutup, gelap, dan lembap mungkin Bunda akan mencium bau tak sedap, bukan? Bau seperti ini sering disebut sebagai bau apek, yang biasanya dapat ditemukan di gudang rumah Bunda.

Bau apek bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi penyebab yang paling utama adalah kemunculan jamur dan lumut. Dilansir dari The Spruce, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mengatakan, sakit kepala, iritasi hidung, pusing, kelelahan, dan mual terkadang bisa disebabkan oleh keberadaan jamur atau lumut.

Selain itu, adanya kayu lapuk dan lembap, limbah, kotoran hewan, dan bakteri besi juga bisa menjadi penyebab dari bau apek di gudang rumah Bunda, lho. Bau apek dapat menempel di seluruh barang yang diletakkan di dalam gudang, sehingga akan merusaknya. Bunda tentu tak mau kesehatan keluarga dan kerusakan barang terjadi ya.


Meskipun kualitas udara di gudang tidak sebagus ruangan terbuka lainnya, Bunda tetap bisa kok menyingkirkan bau apeknya. Berikut adalah langkah-langkah menghilangkan bau apek di gudang rumah Bunda. Simak, yuk.

1. Keluarkan semua barang dan keringkan gudang

Pindahkan barang-barang yang disimpan di gudang rumah dan periksa tanda-tanda kemunculan jamur atau lumut pada permukaan gudang atau barang yang disimpan. Setelah itu, Bunda bisa mulai mengeringkan.

Banner Shio Paling Cuan 2022Foto: HaiBunda/Mia

2. Bersihkan perabotan dan lantai

Semua bahan lembap harus dikeringkan secepat mungkin dan dibersihkan, dilepas, bahkan diganti jika perlu. Lantai berupa laminasi serta vinil dapat ditarik dan dikeringkan. Jika bagian bawah laminasi tergenang air, itu harus diganti.

Untuk menyingkirkan jamur, Bunda bisa melakukan pembersihan yang dilansir dari Hunker, berikut ini:

  1. Siapkan 1 galon air, 1 cangkir pemutih klorin, ember, dan sikat scrub.
  2. Campurkan 1 galon air dingin dengan 1 cangkir pemutih klorin dalam ember.
  3. Basahi sikat scrub dalam campuran dan gosok semua jamur yang Bunda temukan di permukaan yang keras.
  4. Biarkan larutan di permukaan selama 10 menit.
  5. Bilas dengan air dingin.

3. Bersihkan udara di gudang rumah

Dilansir dari Hunker, Bunda juga perlu membersihkan udara di gudang, agar bau apek benar-benar menghilang. Bukalah pintu dan jendela gudang jika ada dan nyalakan kipas angin di ruang tersebut setidaknya selama tiga hingga empat jam. Kipas akan membantu mengedarkan dan mendorong udara pengap keluar dari gudang.

Jika gudang Bunda didominasi oleh beton, Bunda bisa menaburkan kapur berklorin langsung di lantai gudang dan biarkan semalaman. Kapur yang diklorinasi akan menghilangkan bau apek dari beton. Sapu kapur dari lantai.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tips menghilangkan komedo di hidung berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TEMUKAN CARA UNTUK MENCEGAH BAU APEK MUNCUL DI GUDANG RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!