sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Membersihkan Jamur di Mesin Cuci, Gunakan Pemutih Klorin Bun

Bella Barliana   |   Haibunda Sabtu, 18 Dec 2021 17:30 WIB
Hand in blue glovesw cleaning washing mashine with piece of cloth caption

Tahukah, Bunda? Mesin cuci, terutama model bukaan depan dengan efisiensi tinggi bisa menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi jamur. Suhu hangat, tanah, bakteri, deterjen, kondisi yang lembap, dan tertutup dapat menjadi penyebab utama dari munculnya jamur pada mesin cuci.

Jamur pada mesin cuci bukaan depan sering ditemukan di karet bagian pintu, pipa drainase, maupun tempat deterjen serta pelembut kain. Untuk itu, Bunda harus tahu cara membersihkan mesin cuci dengan tepat.

Jamur yang tumbuh di dalam bagian mesin cuci akan membuat mesin lebih cepat rusak dan bau tak sedap mungkin akan menempel pada pakaian yang sudah Bunda cuci. Bunda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan?


Nah, maka dari itu, tips berikut harus Bunda baca sampai selesai. Dilansir dari The Spruce, berikut adalah cara untuk membersihkan jamur di mesin cuci milik Bunda. Simak, yuk.

Alat:

  • Kain mikrofiber
  • Wastafel atau ember plastik besar
  • Kuas scrub kecil berbulu lembut
  • Sarung tangan pelindung

Bahan:

  • Pemutih klorin
Banner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal Garut

Cara membersihkan:

1. Kosongkan mesin cuci

Karena menggunakan bahan pemutih klorin, Bunda harus selalu mulai dengan keadaan mesin cuci yang kosong untuk mencegah pemutihan pakaian yang tidak disengaja. Jika mesin cuci Bunda memiliki sistem otomatis untuk mengeluarkan deterjen atau pelembut kain, ini akan sangat membantu.

2. Pilih pengaturan mesin cuci

Kemudian, pilih siklus pencucian normal untuk beban besar sehingga air yang cukup akan mengalir melalui mesin cuci. Atur suhu air menjadi hangat atau panas.

3. Tambahkan pemutih klorin dan jalankan mesin cuci

Bunda bisa menuangkan satu cangkir atau lebih pemutih klorin ke dalam tabung mesin cuci, yang disesuaikan dengan ukuran mesin cuci Bunda. Atau, Bunda juga bisa menambahkan setengah cangkir pemutih klorin cair ke laci deterjen.

Mulai nyalakan mesin cuci dan biarkan untuk menyelesaikan satu siklus penuh. Menjalankan siklus dengan air panas dan pemutih biasanya akan mengatasi masalah jamur di saluran drainase.

Namun, jika Bunda tidak ingin menggunakan pemutih klorin, Bunda bisa menggunakan satu cangkir penuh hidrogen peroksida. Tetapi, jangan mencampur bahan ini dengan pemutih klorin, karena dapat menyebabkan asap beracun.

Klik baca halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Cek video ini Bun untuk cara membersihkan panci gosong yang ampuh:

[Gambas:Video Haibunda]



KETAHUI CARA PEMBERSIHAN DAN CARA MENCEGAH TUMBUHNYA JAMUR DI MESIN CUCI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!