sign up SIGN UP search


moms-life

Dinikahi Pria Garut, Begini Cara Istri Jepang Atur Gaji Suami Rp28 Juta Sebulan

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 15 Dec 2021 09:15 WIB
Keluarga Indonesia-Jepang caption
Jakarta -

Pasangan yang menikah beda negara pastinya memiliki segudang cerita unik. Mulai dari pengalaman mereka beradaptasi dengan makanan, budaya masing-masing, hingga menyamakan prinsip mereka dalam rumah tangga. Seperti Supriatna, pria asal Garut, Indonesia, yang menikah dengan Yoshiko, seorang wanita Jepang

Dalam sebuah kesempatan, pasangan yang menetap di Osaka ini membagikan bagaimana cara mengatur keuangan di Negeri Sakura itu. Dalam urusan ini, Yoshiko yang mengatur dan menjelaskannya secara detail.

Sebelumnya, Supriatna menjelaskan di awal, ia dan istrinya bercerita seputar keuangan dan gajinya di Jepang untuk sekadar berbagi inspirasi bagi orang Indonesia yang ingin bekerja di Indonesia.


Yoshiko kemudian memperlihatkan slip gaji yang diterima Supriatna dari perusahaannya. Kala itu, ia menjelaskan detail pendapat di bulan Maret 2021, Bunda.

Setelah dipotong pajak dan sebagainya, pendapatan bersih Supriatna selama satu bulan adalah 218.270 Yen atau sekitar Rp28 jutaan. Yoshiko pun menjelaskan rinciannya.

Banner Resep Masakan Rp20 ribuFoto: HaiBunda/Mia

Jadi, gaji pokok yang diterima sebesar 197.400 Yen (sekitar Rp25 juta), lembur 2.067 Yen (sekitar Rp260 ribu), kehadiran bonus 18.800 Yen (sekitar Rp2,4 juta). Tunjangan keluarga 20 ribu Yen dan biaya makan siang 3.500 Yen. Lalu, jika ada libur perusahaan tapi digaji, maka Supriatna mendapatkan 9.400 Yen. Kemudian ada biaya transportasi 9.060 Yen.

Nah, untuk potongannya. Gaji Supriatna dipotong untuk asuransi kesehatan 13.377 Yen. Ada potongan untuk pajak pensiunan sebesar 23.790 Yen. Selain itu, ada pajak penghasilan yang harus dibayarkan tiap bulan yaitu 3.860 Yen.

Ada, biaya makan siang yang dipotong sebesar 4,020 Yen (sekitar Rp500 ribu). Terakhir ada potongan liburan perusahaan 2.000 Yen (sekitar Rp250 ribu). Sehingga, total potongan gaji sebanyak 52.823 Yen atau sekitar Rp6,8 jutaan.

"Ini kan saya pegawai tetap. Kalau pegawai tetap itu yang diandalkan bonus, jadi dari mulai lemburan, bonus setahun tiga kali saat bulan 6, 8, dan 12. Nah, yang diunggulin dari karyawan tetap itu bonusnya," ungkap Supriatna, dilansir kanal YouTube-nya azka omera family.

Lantas, bagaimana istri Jepang mengatur keuangan keluarga campurannya itu? Baca kelanjutannya di halaman berikutnya.

Bunda, simak juga juga kiat mempersiapkan dana pendidikan untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATUR KEUANGAN ALA ISTRI JEPANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!