sign up SIGN UP search


moms-life

Bantu Lunasi Utang Ibunda Rp400 juta, Delvia Belajar Jalani Bisnis Tanpa Riba

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 03 Dec 2021 20:50 WIB
Delvia Nesvi Satari caption
Jakarta -

Delvia Nesvi Satari merupakan seorang pengusaha asal Blitar, Bunda. Pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) ini ungkap bahwa jalani bisnis memberikannya banyak pelajaran.

Salah satunya ia dapat dari pengalaman utang yang pernah melilit ibundanya. Hal tersebut terjadi karena beberapa hal terkait bisnis tersendiri miliknya, dan mau tak mau, Delvia pun harus membantu untuk melunasinya.

Diceritakannya, hal ini juga menjadi pelajaran dan ujian dari Allah. "Di saat usaha (milik Delvia) mulai berkembang, di situ Allah memberi ujian. Saat itu orang tua saya punya bisnis properti dengan suaminya, yang akhirnya itu meninggalkan banyak utang," bebernya pada HaiBunda melalui WhatsApp belum lama ini.


Delvia akui bahwa saat itu tak tahu menahu soal apa yang terjadi. Terlebih karena semua berkas yang dimiliki ditanda-tangani oleh ibundanya, maka ibu Delvia lah yang bertanggung jawab atas semuanya.

"Berkas semua ditandatangani atas nama ibu saya, jadi yang membayar itu kan ibu saya. Pokoknya awalnya itu saya enggak tahu, terus tiba-tiba tahu-tahunya punya utang gitu."

"Soalnya di awal menikah, saya sudah mandiri sama suami gitu dan enggak tinggal satu rumah sama tua. Jadi barunya tahu tiba-tiba ibu punya utang segini banyak," ungkapnya.

Banner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Masalahnya, ibunda Delvia tak sanggup membayar tunggakan yang harus dilunasi hanya dalam waktu dua bulan tersebut. Selain itu, mereka juga tak diringankan dengan cicilan.

Jika tagihan tersebut tak dibayar tepat waktu, ada banyak yang harus direlakan, di antaranya rumah yang menjadi tepat tinggal ibundanya. Hal tersebut tentunya membuat Delvia panik, masa-masa itu pun berhasil membuatnya fokusnya terpecah.

"Saat itu tanggungan yang ada di bank Rp400 juta dan pokoknya kami dikasih waktu harus lunas dalam dua bulan, gitu. Tidak dicicil, pokoknya harus cash harus lunas semuanya kalau tidak ya sudah itu rumahnya (disita)."

"Rasanya apa ya? Benar-benar kayak tiap hari tuh nangis, jadi ditagih sama debt collector, didatangi ke rumah kayak gitu. Jadi saya merasa mental berat banget gitu. Rasanya saat itu benar-benar yang tiada hari tanpa meneteskan air mata selama satu bulan kayaknya," kenangnya.

Di saat sulit tersebut, Delvia tak lupa dengan sang Maha Pencipta. Ia serahkan segalanya pada Allah dan memohon bantuan dengan terus berdoa sambil berusaha.

"Jadi waktu itu selain tiap hari doa sampai saya enggak fokus ngurusin usaha, Allah yang maha tetap memberikan solusi," katanya.

Di saat seperti itu, untungnya Delvia mendapat banyak orderan. Tak tanggung-tanggung, orderan itu pula yang membuka usahanya hingga dikirim ke luar negeri.

"Itu saya dapat orderan banyak dari Singapura, itu permintaannya banyak banget. Ya Allah aku tuh sampai bilang ke pembeli 'Mbak, makasih, Mbak. Makasih sudah membantu saya', gitu."

"Aku rasanya alhamdulillah, itu Allah kasih solusi. Di saat-saat titik terendah banget gitu saat itu. Jadi, semua apa yang kita punya di rumah, emas, terus pokoknya semuanya barang-barang yang bisa dijual, kita jual. Terus mobil saatnya juga sempat mau saya jual juga," katanya.

Dengan modal seadanya, Delvia lantas berusaha untuk memenuhi pesanan tersebut. Ia bahkan sampai nekat mengambil semua tabungan hingga menyisakan Rp200 ribu saat itu.

"Kami keluarikan semua tabungan sampai saldonya tinggal Rp200 ribu saat itu. Uang itu, saat itu, sangat itu sangat berarti buat saya. Sampai bingung sisa Rp200 ribu itu bagaimana untuk gaji karyawan. Banyak ketakutan juga," akunya.

Namun Delvia tetap optimis dengan semua usaha serta bantuan yang ia percaya akan datang dari Allah. Dan benar saja, semua ketakutan yang ia pikirkan sebelumnya tak ada yang muncul.

"Tapi fakta yang terjadi, itu ketakutan yang saya rasakan tak terjadi. Allah mencukupkan semuanya. Masya Allah itu rasanya, ya Allah, Allah in, Allah itu baik. Percaya Allah kalau itu pasti akan selalu menolong kita di saat kita berada di titik terendah," katanya.

Simak cerita lainnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga ceruta hidup crazy rich Lebak yang raih omzet Rp25 miliar per bulan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BISNIS TANPA RIBA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!