sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron agar Subur, Letakkan di Tempat Teduh

Bella Barliana   |   Haibunda Selasa, 14 Dec 2021 04:00 WIB
Group of tropical house plants like 'Scindapsus Pictuts' Satin Pothos, 'Micans' Philodendron or Calathea in beautiful natural flower pots isolated on white background caption

Tanaman philodendron merupakan spesies tanaman hias daun yang indah dan sedang populer belakangan ini, Bunda. Tanaman ini akan memperlihatkan daun cantik berukuran besar dan berwarna hijau mengkilap, jika mengetahui cara merawat tanaman hias philodendron dengan tepat.

Secara umum, philodendron memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat. Saat merawat tanaman philodendron di dalam ruangan, usahakan untuk menciptakan lingkungan tropis seperti habitat alaminya.

Berikan banyak kehangatan dan kelembapan di dekat jendela yang cerah. Selama cuaca hangat, letakkan tanaman hias philodendron di luar dan di tempat yang teduh untuk mendapatkan udara segar dan cahaya alami sesekali.


Bunda harus waspada terhadap sinar matahari langsung, karena bisa membakar daun halusnya. Jaga agar daun tanaman hias ini terlihat dan tumbuh sebaik mungkin dengan menyekanya secara teratur dengan kain lembap.

Nah, untuk mengetahui selengkapnya, Bunda bisa simak cara merawat tanaman hias philodendron dengan benar agar tumbuh subur, yang dilansir dari The Spruce.

1. Pencahayaan

Philodendron biasanya tumbuh paling baik di bawah sinar matahari parsial. Tanaman ini secara alami akan mendapatkan cahaya di bawah kanopi, bukan cahaya matahari langsung. Jika menanamnya di dalam ruangan, letakkan tanaman ini di dekat jendela yang mendapat cahaya terang dan tidak langsung.

Terlalu sedikit cahaya dapat menyebabkan pertumbuhan batang yang panjang dengan daun yang tidak padat dan rimbun. Namun, terlalu banyak cahaya dapat menyebabkan daun menguning. Jadi, pastikan tanaman ini mendapatkan cahaya yang sesuai ya, Bunda.

Banner Resep Masakan Rp20 ribu

2. Suhu dan kelembapan

Toleransi suhu philodendron bervariasi berdasarkan jenisnya. Secara umum, tanaman ini tidak boleh terkena suhu di bawah 12 derajat celcius. Jika diletakkan di dalam ruangan, jauhkan tanaman ini dari angin dingin, seperti yang berasal dari AC.

Tanaman ini menyukai kelembapan, jadi Bunda mungkin harus meningkatkan kelembapan di sekitar philodendron jika Bunda tinggal di iklim yang kering. Untuk melakukannya, Bunda bisa menyemprot tanaman setiap beberapa hari dengan air menggunakan botol semprot.

Bunda juga dapat meletakkan wadah di atas nampan kerikil berisi air, memastikan bahwa bagian bawah wadah tidak menyentuh air, yang bisa menyebabkan busuk akar.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Tahukan Bunda kalau pare yang terkenal pahit itu bermanfaat untuk lancarkan ASI? Simak infonya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



PERHATIKAN KONDISI TANAH, TINGKAT PENYIRAMAN, SERTA PEMBERIAN PUPUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!