sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Matahari di Rumah, Pilih Jenis Hingga Perawatan

Bella Barliana   |   Haibunda Senin, 13 Dec 2021 04:00 WIB
Bunga matahari caption

Bunga matahari adalah tanaman yang cocok untuk ditanam di musim panas. Bunga kuning cerah yang mekar, menambah kecantikan dari tanaman berbunga ini. Jika ingin menanamnya, Bunda perlu tahu cara menanam bunga matahari yang tepat, agar bisa menghasilkan bunga yang cantik.

Pada dasarnya, menanam tanaman bunga matahari cukup mudah karena tanaman ini tahan panas, tahan hama, dan cepat tumbuh. Dilansir dari HGTV, tanaman bunga matahari berasal dari Amerika Utara, sehingga tanaman ini dapat beradaptasi dengan kondisi di sebagian besar lokasi penanaman.

Nah, kabar baiknya, Bunda tak harus membeli tanaman bunga matahari. Kini, Bunda bisa menanamnya sendiri, bahkan menjadi lebih mudah jika Bunda ingin mengoleksinya. Seperti apa ya, cara menanamnya?


Dilansir dari India Today, berikut adalah cara menanam tanaman bunga matahari di rumah. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1. Pilih varietas tanaman

Langkah pertama, Bunda tentu harus memilih varietas apa yang akan ditanam, agar nanti bisa menyiapkan benih tanaman yang sesuai. Sebelum membeli varietas bunga matahari, Bunda dapat membaca kemasan yang berisi informasi tentang proses pertumbuhannya.

Jika Bunda membelinya secara langsung di toko tanaman, Bunda dapat meminta bantuan penjual untuk memilih varietas bunga matahari yang tepat untuk ditanam.

Banner Menu Olahan Telur

2. Siapkan benih tanaman bunga matahari

Setelah memilih varietas, hal berikutnya yang harus Bunda lakukan adalah menyiapkan benih tanaman bunga matahari terlebih dahulu. Benih tanaman ini termasuk mudah ditemukan di toko tanaman.

Jika tak ingin keluar rumah, Bunda juga bisa memanfaatkan fitur belanja online, kok. Pastikan benih yang dipilih dalam keadaan masih muda dan segar, agar mempermudah proses pertumbuhan tanaman.

3. Pilih ukuran pot yang sesuai

Kemudian, Bunda perlu memilih ukuran pot yang sesuai dengan tinggi dan jumlah tanaman bunga matahari sesuai keinginan. Jika masih ragu dengan ukurannya, Bunda dapat memilih pot berukuran besar.

Hal ini sangat bagus dikarenakan tanaman hias bunga matahari membutuhkan ruang yang banyak untuk pertumbuhan yang lebih baik. Namun, jika Bunda ingin menggunakan pot lama yang sudah dimiliki, Bunda perlu membersihkan dan disteril secara menyeluruh.

Pastikan pot memiliki lubang drainase agar benih bunga matahari tidak membusuk saat ditanam. Bunda juga perlu siapkan piring atau wadah gepeng untuk mencegah limpahan air.

4. Masukkan tanah dan kompos ke pot

Sebagai media tanam, Bunda dapat menggunakan humus saat menanam tanaman bunga matahari. Penggunaan humus berkualitas tinggi akan membuat Bunda tak perlu menambahkan pasir atau batu ke bagian wadah sebagai drainase.

Selain itu, Bunda dapat menambahkan kompos ke dalam tanah yang akan digunakan. Hal ini akan membuat tanah menjadi lebih kaya nutrisi untuk tanaman bunga matahari.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Buat pupuk kompos di rumah yuk, Bunda. Simak caranya di video berikut ya:

[Gambas:Video Haibunda]



MULAI TANAM BUNGA MATAHARI DAN SIRAMI, SERTA AWASI SAAT BENIH BERKECAMBAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!