sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Atur Keuangan dengan Pola 4321 agar Tak Terjebak Jadi Sandwich Generation

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 06 Dec 2021 14:05 WIB
Young woman analyzing bills while writing in diary. Beautiful female is using digital tablet at table. She is sitting on sofa at home. caption
Jakarta -

Setelah menikah dan memiliki keluarga, Bunda jadi tahu seberapa berat mengatur keuangan rumah tangga, nih. Terlebih kalau Bunda harus menanggung kehidupan orang tua.

Meskipun Bunda sudah memiliki suami yang bertanggung jawab dan bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan, bukan berarti Bunda enggak perlu menghasilkan uang sendiri. Bunda perlu menanamkan prinsip kehidupan 3C yakni Cantik, Cerdas, dan Cuan.

Ada banyak artis yang bisa menjadi panutan dalam prinsip 3C ini, Bunda. Misalnya saja Ririn Ekawati dan Dian Pelangi.


Dian mengungkapkan kalau menjadi seorang Bunda adalah hal yang luar biasa. Namun, segala sesuatunya akan kembali pada anak.

"Perlu paham ketiga-tiganya (cantik, cerdas, cuan) karena cerdas ini buat mengajarkan anak sebagai generasi baru di masa depan, cantik di hadapan suami, lalu mampu beradaptasi dengan pandemi seperti saat ini untuk menghasilkan cuan tambahan," tuturnya, dalam acara Junio BundaFest yang berlangsung di Trans Studio Mall Cibubur, beberapa waktu lalu.

Sama seperti Dian, Ririn juga mengaku kalau ia turut memperhatikan 3C ini, Bunda. Ririn bahkan mengatakan kalau ia selalu menerapkan pola hidup sehat agar bisa tetap terlihat cantik.

"Yang pasti olahraga, makan sehat, pikiran sehat tanpa stres. Sehingga, cantiknya terpancar ke wajah," ucap istri Ibnu Jamil ini.

Sebagai seorang Bunda yang juga turut membuka bisnis demi mencari cuan, Ririn dan Dian sepakat kalau setiap wanita harus bisa mengatur keuangannya nih, Bunda. Hal ini juga turut diungkapkan oleh Lisa Imawati Fibrina, Private Banker Bank BRI.

"Karena sukses rumah tangga dari sisi finansial itu dipegang Bunda. Pertama butuh komitmen, harus paham supaya bisa alokasi cuan dengan bijak, berdasarkan kebutuhan skala prioritas sehingga tujuan uang tercapai," ujar Lisa.

"Bunda yang sukses finansial ini berhasil mengatur uang untuk sekarang dan masa depan. Sehingga, saat Bunda atau suami pensiun, nantinya bisa melepas anak dari tekanan sebagai sandwich generation," lanjutnya.

Banner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Tips mengatur keuangan dengan pola 4321

Agar nantinya Si Kecil nantinya bisa terlepas dari sandwich generation, ada beberapa tips yang dibagikan Lisa nih, Bunda. Bunda perlu mengatur keuangan dengan pola 4321. Berikut ini deretan tipsnya.

1. 40 persen untuk kebutuhan

Setelah Bunda menerima gaji atau hasil dari bisnis, Bunda bisa alokasikan setiap 40 persennya ke dalam sektor atau pos kebutuhan, nih. Hal ini lantaran kebutuhan lebih membutuhkan banyak biaya.

"Setiap rezeki yang kita terima, jangan lupa 40 persennya masuk kantong untuk kebutuhan," katanya.

Pos kebutuhan ini sendiri menyangkut beberapa hal, Bunda. Misalnya uang makan, bensin, hingga uang listrik.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



ALOKASI UNTUK UTANG HINGGA SELF LOVE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!