sign up SIGN UP search


moms-life

Skincare Bahan Alami, Ini 5 Manfaat Timun untuk Kulit Wajah Bunda

Bella Barliana   |   Haibunda Rabu, 22 Dec 2021 06:30 WIB
Beautiful young woman doing spa treatments at home, lying on the couch. Holds pieces of cucumbers in the arms above the eyes. Dressed in a bathrobe and a towel on the head. caption
Jakarta -

Timun adalah bahan makanan yang lezat dan biasa dijadikan camilan sehat atau salad. Tetapi, Bunda ternyata tak harus selalu mengonsumsinya untuk memperoleh manfaat dari timun, lho. Sayuran bergizi ini juga dapat digunakan sebagai skincare bahan alami, dengan berbagai manfaat untuk merawat wajah.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya, tentu saja gen yang baik sangat berkontribusi dalam hal ini. Namun, Bunda juga bisa mendapatkannya dengan bahan-bahan sederhana dan alami, serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan kulit, seperti timun.

Timun memiliki sifat anti-inflamasi, ditambah dengan antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat, menjadikannya bahan yang sangat baik untuk masker wajah DIY. Masker wajah mentimun juga membantu meredakan kantung mata dan bengkak. Ini menenangkan kulit Bunda dan menenangkan mata yang lelah.


Dikemas dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, timun adalah salah satu skincare bahan alami yang dapat memberi manfaat bagi kulit wajah. Dilansir laman Healthline, berikut adalah manfaat timun untuk wajah Bunda. Simak, yuk.

1. Mengurangi pembengkakan

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa timun memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan pada kulit atau wajah Bunda. Ini mungkin sangat membantu jika Bunda kurang tidur dan memiliki lingkaran gelap di bawah mata.

Irisan mentimun dingin atau jus mentimun dapat membantu mengurangi bengkak sekaligus menyegarkan yang tampak lelah.

Banner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RIFoto: HaiBunda/Mia

2. Mengatasi jerawat

Kulit berminyak dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori, sehingga memicu timbulnya jerawat pada wajah Bunda. Nah, timun yang bersifat astringen ringan ternyata dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Hal ini tentu saja dapat membantu mengurangi masalah jerawat pada wajah.

3. Mengurangi penuaan dini

Menurut sebuah studi tahun 2011, komponen antioksidan yang ada di dalam timun dapat membuatnya menjadi bahan anti-kerut yang berpotensi membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, timun mengandung vitamin C dan asam folat.

Dilansir laman Times of India, kaya akan vitamin C dan asam folat, masker wajah dari bahan alami timun bekerja sangat baik pada garis-garis halus dan kulit yang keriput.

Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel baru, sementara asam folat membantu melawan racun lingkungan yang dapat membuat kulit terlihat lelah atau menua sebelum waktunya. Gabungan, komponen-komponen ini dapat membantu kulit Bunda terlihat lebih kencang dan sehat.

4. Mengatasi iritasi

Panas dan sinar matahari dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit wajah Bunda. Ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi, yang dapat memperburuk kualitas kulit.

Efek pendinginan dan anti-inflamasi yang ada dalam timun dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, dan iritasi yang disebabkan oleh sengatan matahari, gigitan serangga, dan ruam pada wajah.

5. Melembapkan wajah

Tahukah, Bunda bahwa timun terdiri dari 96 persen air? Meskipun air saja tidak cukup untuk melembabkan kulit, jus dari timun ternyata dapat dengan mudah dicampur dengan bahan pelembap lainnya seperti madu atau lidah buaya untuk melembapkan dan menenangkan kulit wajah Bunda.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video ini 5 tips yang bisa dilakukan untuk atasi komedo di hidung:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBUAT MASKER WAJAH ALAMI MENGGUNAKAN TIMUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!