sign up SIGN UP search


moms-life

3 Basic Skincare yang Ternyata Wajib Dipakai Tiap Hari, Bunda Sudah Punya?

Annisa Afani   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 15:25 WIB
Shot of an attractive young woman going through her morning beauty routine in the bathroom caption
Jakarta -

Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, kita perlu menerapkan perawatan wajah secara rutin ya, Bunda. Meski begitu, ini bukan perawatan yang mahal kok, karena Bunda sebetulnya hanya membutuhkan basic skincare. ku

Perlu Bunda ketahui, penggunaan basic skincare sama sekali tak merepotkan, lho. Hanya saja, kita perlu tahu kapan pemakaian yang tepat agar manfaatnya bisa dirasakan.

Mau tak mau, hal ini memang perlu untuk dilakukan. Tentunya, ini demi menjadi kulit agar tetap bagus seiring bertambahnya usia. Ingat, kulit bagus tidak tergantung DNA, tapi juga pada kebiasaan sehari-hari, ya.


Tujuan dari penerapan basic skincare bukan demi cantik semata, melainkan juga menyempurnakan warna kulit Bunda sehingga berfungsi baik serta tak ada masalah.

"Ini bukan tentang menciptakan kesempurnaan. Rutinitas kecantikan adalah kesempatan melihat perubahan diri sendiri," jelas skin-care specialist asal San Francisco, Kristina Holey, seperti dikutip dari New York Times.

Kalau Bunda tidak terbiasa melakukan perawatan dasar sejak muda maka sekarang cobalah rutin menerapkan basic skincare. Hanya perlu tiga produk ini sebagai basic skincare jika mau kulit glowing.

Berikut tiga produk sebagai basic skincare yang bisa Bunda coba di rumah seperti dilansir berbagai sumber:

1. Cleanser

Cleanser menjadi produk pertama yang diterapkan dalam rangkaian skincare dasar di rumah. Ini menjadi langkah paling dasar yang lebih penting dibanding rutinitas kecantikan lainnya.

"Kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran, dan faktor lain setiap hari yang harus dihilangkan dengan lembut. Cuci dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam, dan jerawat," jelas dermatologist asal New York, Dr. Carlos Charles.

Bagaimana dengan formula produk cleanser yang tepat sebagai basic skincare? Formula yang tepat tentu bisa membantu membersihkan kulit tanpa menghilangkan minyak esensial serta sehat.

Pastikan produk sesuai dengan tipe kulit Bunda yang bisa membantu menghilangkan kotoran, riasan, minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran lingkungan yang secara alami menempel pada wajah sepanjang hari.

Kalau mau mengganti produk maka perlu memperhatikan dalam beberapa hari apakah ada reaksi khusus dari produk tersebut setelah digunakan? Jika tidak maka bisa dilanjutkan.

Dikutip dari Self, penerapan cleanser sebagai basic skincare untuk kulit Bunda yang kering atau sensitif disarankan hanya perlu mencuci wajah dengan pembersih sekali sehari pada malam hari. Bilas dengan air atau micellar water pada pagi hari.

Berbeda ketika kulit Bunda tipe berminyak dan sering menerapkan riasan tebal maka penggunaan basic skincare dalam tahap pembersihan atau cleansing bisa dilakukan dua kali sebelum tidur.

Baca tips lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga tujuh tanda kulit tak cocok dengan produk skincare dalam video berikut, ya:

[Gambas:Video Haibunda]

WAJIB PAKAI TONER SEBELUM PRODUK LAIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!