sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Dekorasi Rumah Tipe 36 agar Terlihat Luas dan Tetap Nyaman

Bella Barliana   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 03:00 WIB
Ilustrasi renovasi rumah caption

Rumah tipe 36 tampaknya menjadi hunian ideal dan favorit bagi pasangan yang baru menikah, Bunda. Bagaimana tidak, ruangannya yang tidak begitu besar dan ekonomis membuat rumah tipe ini menjadi salah satu pilihan terbaik.

Menurut arsitek freelance Nur Hikmah, S. Ars, fungsi hunian di zaman sekarang sudah berubah. Banyak orang menyukai konsep rumah sederhana dan minimalis karena menyesuaikan dengan kebutuhannya.

"Sekarang ini kebanyakan orang hidup mobile. Sehingga fungsi rumah sekarang hanya sebatas tempat untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendasar saja, sebagai tempat istirahat dan utilitas pribadi," kata wanita yang akrab disapa Dede ini kepada HaiBunda.


Hal inilah yang membuat orang lebih nyaman tinggal di rumah yang tidak terlalu besar, seperti rumah tipe 36. Selain praktis, rumah tipe ini juga sudah memenuhi kebutuhan yang paling mendasar, dan membutuhkan perawatan yang mudah juga karena ukurannya yang sederhana.

Meskipun tidak terlalu besar, rumah tipe 36 tetap bisa terlihat luas, lho. Kalau Bunda penasaran, simak yuk, tips dekorasi rumah tipe 36 agar terlihat luas, di lansir dari The Spruce.

Banner 7 Meja Makan Terbaik

1. Rapikan barang yang berantakan

Terlalu banyak barang yang tidak terpakai akan membuat rumah tipe 36 milik Bunda terlihat berantakan dan sempit. Bunda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan? Oleh karena itu, Bunda perlu mencari tahu cara agar barang-barang tetap terlihat rapi.

Bunda bisa menyusun barang yang jarang digunakan di balik pintu, rak meja, atau lemari. Dengan hal-hal yang tertata rapi, ruang yang terlihat akan terasa tertata dan terbuka.

“Orang cenderung memiliki terlalu banyak furnitur di rumah mereka untuk menunjukkan dari selera mereka. Ini tidak memberikan perasaan ringan, tetapi hanya menciptakan kekacauan dan membuat ruangan Anda terlihat lebih kecil dari sebelumnya,” kata desainer interior Shehzad Khan, dikutip dari Times of India.

2. Gunakan warna lembut dan terang

Menggunakan warna terang dan sejuk membuat ruang terasa terbuka dan lapang. Untuk efek optimal, pilih nada lembut, seperti biru dan hijau.

3. Gunakan palet warna netral

Untuk menciptakan rumah tipe 36 yang terkesan luas, Bunda bisa memilih dekorasi dengan palet warna yang senada. Warna-warna sejuk dan warna-warna hangat yang lembut pada sebagian besar permukaan memberikan tampilan yang lebih terbuka pada ruangan kecil.

4. Gunakan unsur dekorasi reflektif

Gunakan cermin berbingkai besar di dinding, atau letakkan cermin berbingkai besar di dinding. Dengan unsur dekorasi ini, Bunda akan mendapatkan efek ruangan yang lebih besar. Jika Bunda menggunakan dekorasi cermin, cahaya yang masuk ke dalam ruangan akan dipantulkan dan menghasilkan perasaan yang lebih terbuka.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Cek di sini Bunda, warna cat rumah pembawa keberuntungan di tahun Macan Air:

[Gambas:Video Haibunda]



GUNAKAN LUKISAN PEMANDANGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!