sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Memanjangkan Bulu Mata yang Terbukti Ampuh dan Aman

Arina Yulistara   |   Haibunda Minggu, 09 Jan 2022 10:30 WIB
ilustrasi kecantikan bulu mata Foto: Getty Images/PeopleImages

Tampilan bulu mata bisa mempengaruhi wajah secara keseluruhan. Penggunaan bulu mata palsu hingga eyelash extension banyak dipilih untuk mengubah tampilan secara instan, namun cara memanjangkan bulu mata secara alami pun masih banyak dicari.

Ada banyak sekali tips dan cara memanjangkan bulu mata yang beredar di internet, tapi tentu tidak semua cara itu tepat dilakukan.

Beberapa cara memanjangkan bulu mata yang populer antara lain menggunakan perasan lemon, melapisinya dengan Vaseline, hingga memijat garis bulu mata. Bunda pernah coba? Cara-cara memanjangkan bulu mata tersebut sebenarnya tidak efektif.


Tidak hanya itu, mengaplikasikan cara memanjangkan bulu mata yang tak tepat juga bisa membahayakan mata Bunda. Lebih baik berpegang teguh pada saran dari para ahli dan dokter kecantikan. 


Berikut cara memanjangkan bulu mata dari dermatologis yang sudah terbukti manjur. 

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus

1. Rawat bulu mata terlebih dahulu

Jika ingin memanjangkan bulu mata secara alami, yang utama harus Bunda lakukan adalah memastikan kalau Bunda sudah merawatnya dengan benar. Misalnya saja, selalu hapus maskara sebelum tidur dan pilihlah kandungan yang tak merusaknya.

Jauhi juga penjepit bulu mata karena bisa menyebabkan kerusakan bulu mata secara alami, serta hindari terlalu sering menggunakan bulu mata palsu. Perekat bulu mata yang digunakan bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada bulu mata Bunda, lho.

“Saya menyarankan menghindari penggunaan jepit bulu mata yang bisa menyebabkan kerusakan pada bulu mata alami saat tumbuh kembali,” jelas Andrea Starr adalah ahli bulu mata sekaligus pendiri Eyestarr Lash dan Brow Boutique, dilansir dari Byrdie.

2. Minta saran dokter kecantikan tentang serum bulu mata

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya dengan meminta saran dokter kecantikan tentang serum untuk menumbuhkan bulu mata. Ada banyak serum penumbuh bulu mata di pasaran dengan keefektifan yang sudah terbukti.

“Bahan aktif dalam banyak serum adalah bimatoprost, yang telah ditunjukkan dalam studi klinis untuk membuat bulu mata tumbuh lebih panjang, tebal, dan gelap,. Ini bekerja dengan memperpanjang waktu folikel dalam fase pertumbuhan,” jelas Hadley King, MD., dokter kulit bersertifikat yang mengkhususkan diri dalam dermatologi medis dan kosmetik di New York, Amerika Serikat.

Starr pun menyarankan untuk melakukan penelitian tentang serum bulu mata mana yang benar-benar efektif dan aman. Banyak produk bulu mata di pasaran mengandung bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

“Meskipun terlihat memiliki hasil luar biasa saat menggunakannya namun jika berhenti bisa saja menyebabkan bulu mata alami rontok atau menjadi lebih lemah. Efek samping jangka panjang lainnya bisa berbahaya,” tambahnya.

Untuk itu, penting konsultasi lebih dulu dengan dokter kulit yang bisa membantu menemukan produk dengan hasil terbaik. Tidak hanya untuk saat ini, tapi juga dimasa depan.


“Temukan serum alami dan aman yang  disukai, aplikasikan dua kali sehari dengan brush bersih,” saran King.

Simak Bunda, tips tetap awet muda dari Alya Rohali:

[Gambas:Video Haibunda]



BISA PAKAI MINYAK KELAPA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!