sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membuat Resep Nasi Goreng Spesial yang Dijamin Bikin Ketagihan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 07:00 WIB
Resep Nasi Goreng Babat. Ilustrasi resep nasi goreng spesial/Foto: detikcom
Jakarta -

Apakah Bunda penggemar nasi goreng? Wah, pas banget nih Bun karena sekarang Bubun akan membahas resep nasi goreng spesial yang bisa Bunda jadikan menu sarapan di rumah.

Kenapa nasi goreng ini disebut dengan kata 'spesial'? Karena komposisi nasi goreng enak dan spesial yang berbeda dengan nasi goreng biasanya. Bunda bisa menambahkan bahan-bahan sesuai dengan selera Bunda dan keluarga. Berikut beberapa langkah yang perlu Bunda siapkan untuk memasak resep nasi goreng spesial.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Untuk memasak nasi goreng spesial anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:


Banner Model Bosnia DisekapFoto: HaiBunda/Mia

  • Sepiring nasi putih
  • 1 potong paha ayam yang sudah di suwir
  • 1 butir telur lalu dikocok
  • 4 buah bakso ikan atau udang bisa disesuaikan dengan selera anda
  • Sayur secukupnya, sayur yang digunakan bisa sesuai selera. Namun, dalam resep ini menggunakan sayur kol, wortel, dan sayur hijau. Potong kecil-kecil.
  • 2 sendok makan kecap
  • 1 sendok teh garam
  • Bawang goreng sesuai selera
  • 3 sendok makan margarin
  • Siapkan bumbu kasar yang terdiri dari, 2 siung bawang putih, 3 butir bawang merah, 1 cabai besar, 2 cabai merah keriting, dan terasi.

Bahan-bahan tersebut perlu Bunda siapkan ya. Namun, sekali lagi perlu diingatkan bahwa bahan-bahan tersebut bisa diganti sesuai dengan selera Bunda. Jadi, jangan merasa takut untuk bereksperimen.

2. Cara memasak

Cara membuat nasi goreng spesial tidaklah sulit karena prinsip dasarnya sama dengan memasak nasi goreng pada umumnya. Pembedanya adalah dari bahan dasar yang disiapkan sejak awal. Adapun cara memasak nasi goreng spesial adalah sebagai berikut:

  1. Pertama panaskan margarin dan masukkan semua bumbu kasar. Tumis hingga harum. Jika sudah, sisihkan bumbu tersebut di pinggir penggorengan.
  2. Selanjutnya, masukkan telur, aduk hingga setengah matang. Lalu tambahkan, ayam dan bakso. Aduk rata dengan bumbu dan telur.
  3. Jika sudah, masukkan sayuran dan nasi. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan kecap dan garam. Aduk kembali. Nasi goreng spesial sudah siap untuk disajikan. Bunda bisa menaruhnya di piring lalu taburi dengan bawang goreng. Jika suka, Bunda juga bisa menambahkan dengan telur ceplok dan irisan timun.

Demikianlah resep nasi goreng spesial yang bisa Bunda coba di rumah. Bunda bisa memasak nasi goreng spesial ini untuk disajikan di meja makan dan makan bersama keluarga. Tentunya, nasi goreng spesial ini akan lengkapi momen spesial anda bersama keluarga ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai resep nasi uduk rempah yang dimasak dengan rice cooker.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!