sign up SIGN UP search


moms-life

Bacaan Doa Berbuka Puasa dan Sunnah dalam Pelaksanaannya, Simak Yuk Bunda

Sheila Permatasari   |   Haibunda Rabu, 30 Mar 2022 15:57 WIB
beautiful muslim woman open her palm and pray before eating caption

Puasa merupakan ibadah utama yang harus dikerjakan pada bulan suci Ramadan. Puasa juga merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki banyak manfaat jika dikerjakan.

Dalam melaksanakan ibadah puasa, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan nih, mulai dari membaca niat sebelum melakukan ibadah puasa sampai membaca doa buka puasa ketika magrib tiba.

Saat melaksanakan ibadah puasa, umat Muslim diharuskan untuk menahan lapar dan haus dari waktu fajar sampai senja, Bunda. Selain menahan lapar dan haus, selama berpuasa umat Muslim juga diharuskan untuk menahan diri dari perbuatan maksiat.


Perintah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan telah disampaikan oleh Allah SWT melalui firmannya dalam Quran surat Al Baqarah ayat 183, Bunda.

Firman tersebut berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Arab latin: yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Dalam firman tersebut, sudah jelas dikatakan bahwa berpuasa dapat menambah ketaqwaan kepada Allah SWT bila dikerjakan ya, Bunda. Nah, agar pahala Bunda bertambah, Bunda bisa nih mengikuti adab-adab berpuasa selama melaksakanan ibadah puasa. Terutama adab saat berbuka puasa.

Sunnah berbuka puasa

Minum Air dan Makan Kurma, Sunah Buka Puasa yang Dicontohkan Rasulullah SAWSunnah berbuka puasa/ Foto: iStock

Ketika buka puasa, Bunda bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa sunnah Nabi Muhammad SAW. Lalu, apa saja sunnah untuk berbuka puasa ya, Bunda? Yuk simak selengkapnya, seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

1. Segera batalkan puasa setelah mendengar adzan maghrib

Setelah menahan haus dan lapar selama lebih dari 12-13 jam dalam sehari, umat Muslim diharuskan berbuka puasa saat Adzan Maghrib berkumandang, Bunda. Nah, segera berbuka puasa setelah mendengar suara Adzan dikatakan lebih baik dibandingkan harus menundannya ya, Bunda.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, yang dikisahkan oleh Sahl bin Sa`d.

Nabi Muhammad SAW berkata,

“Manusia akan tetap berada di jalan yang benar selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR.Bukhori).

2. Berbuka dengan kuah Kurma sebelum salat maghrib

Dalam buku, Buku Pintar 50 Adab Islam karya Arfian, dijelaskan bahwa biasanya Nabi Muhammad SAW berbuka sebelum menunaikan salat Maghrib dengan beberapa butir buah kurma, Bunda. Namun, jika tidak ada buah kurma, Beliau hanya meminum air putih saja.

Hal tersebut tertuang dalam hadits yang berbunyi:

“Adalah Rasulullah SAW berbuka sebelum menunaikan salat dengan beberapa ruthob (kurma basah), dan apabila tidak memiliki ruthob beliau berbuka dengan beberapa tamr (kurma kering), dan apabila tidak memiliki tamr beliau berbuka dengan meneguk seteguk air.” (HR. Turmudzi).

3. Membaca Doa Berbuka Puasa

Sebelum berbuka puasa, baiknya Bunda memanjatkan doa buka puasa terlebih dahulu ya. Adapun doa berbuka puasa yang telah dilansir dari laman Detikcom adalah sebagai berikut, Bunda.

Doa pertama sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam HR. Bukhari & Muslim, berbunyi:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Arab-latin: Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Doa kedua diriwayatkan dalam HR. Abu Daud, Bunda.

Dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW ketika berbuka puasa mengucapkan:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Arab-latin: Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Itulah bacaan doa dan sunah yang harus dilakukan ketika berbuka puasa, Bunda. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Salah satu cara menambah pahala di bulan Ramadan yakni dengan mengerjakan ibadah sunah, Bunda. Simak selengkapnya di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!