sign up SIGN UP search

Video

Emosi saat Puasa, Batalkah Puasanya?

  |   Haibunda Kamis, 31 Mar 2022 14:01 WIB

Saat Bunda berpuasa, sering kali ada orang yang berkata, "Awas jangan marah, nanti puasanya batal!". Tetapi, benarkah bahwa emosi itu bisa membatalkan puasa?

Ustazah Sheila Ardiana, Lc.MA dari Aisyiyah menjelaskan, bahwa perlu dibedakan antara hal-hal yang membatalkan puasa dan hal-hal yang membatalkan pahala puasa. Hal yang membatalkan puasa artinya jika dilakukan, maka puasa batal dan wajib diqadha. Apa saja contohnya? yaitu masuknya sesuatu ke dalam tubuh melalui mulut, telinga, hidung, atau pun kemaluan, seperti makan dan minum dengan sengaja, berhubungan seksual, muntah dengan sengaja, mabuk, pingsan, keluar darah haid, atau nifas. Jika salah satu dari hal ini dilakukan maka puasa di hari tersebut tidak sah.

Sedangkan hal yang membatalkan pahala puasa, atau puasa tetap sah namun tidak ada pahalanya, baik dihapus semua atau sebagian saja, hanya Allah yang Maha Mengetahui, Bunda. Contoh hal yang bisa menghapus pahala berpuasa adalah berbohong, ghibah, menggunjing, mengadu domba, melihat sesuatu dengan pandangan penuh syahwat, sumpah palsu, hingga berkata buruk atau mengumpat.

Waduh, Bunda penasaran dengan penjelasan selengkapnya dari Ustazah Sheila? Yuk, simak di video berikut ini ya, Bunda!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!