sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah & 10 Rekomendasi Rona Gabungannya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 03:00 WIB
vibrant orange interior design background with peach colored armchair, lamp and cofee table with roses on modern moulding wall, 3d render caption
Jakarta -

Mengecat ulang rumah menjadi salah satu cara tepat untuk ubah suasana hunian supaya tak membosankan. Namun, ada satu hal perlu Bunda perhatikan sebelum putuskan untuk mengecat ulang rumah, yakni pemilihan warna yang tepat.

Sebab, warna cat yang dipakai di hunian Bunda akan jadi karakter untuk para penghuninya lho. Karena itulah diperlukan ketelitian dan penilaian lebih dalam memilih kombinasi warna cat rumah.

Perlu diingat, Bun bahwa setiap warna mempunyai kekuatannya sendiri. Sehingga pemakaian kombinasi warna cat yang tidak tepat akan berikan pengaruh pada suasana ruangan dan juga suasana hati dari penghuninya. Pemilihan warna cat kurang tepat misalnya, malah dapat membuat ruangan rumah malah tampak tak lebih baik dibandingkan yang sebelumnya. Kesan negatif yang dihadirkan bisa membuat kesan ruangan yang membosankan, sempit, dan gelap.


Warna cat rumah minimalis

Nah, Bunda tak ingin bukan hal-hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, Bunda perlu untuk memperhatikan sejumlah hal sebelum memilih kombinasi warna cat yang tepat untuk rumah Bunda. Ada pun tips untuk memilih kombinasi warna cat rumah adalah sebagai berikut:

Pilih warna dengan nuansa yang berbeda

Cobalah menggabungkan warna dari dua kelompok yang berbeda, yakni yang bernuansa hangat serta dingin. Untuk itu, disarankan untuk memadukan dua warna suhu berbeda karena akan selalu menghasilkan kombinasi warna harmonis.

Misalnya, padukan rona dengan nuansa hangat kuning pastel dan biru yang dingin. Pilihan lainnya, pasangkan warna netral yang memiliki kesan hangat seperti cokelat atau krem dengan warna yang tegas seperti jingga atau biru tua.

Go monochrome

View of spacious hotel room in taupe. 3D renderWarna monokrom/ Foto: istock

Palet monokrom tidak hanya tentang warna putih dan hitam. Bunda dapat memakai tone warna yang bertolak belakang untuk menciptakan kesan dalam ruangan yang futuristik.

Cobalah menggunakan warna dengan rona sama tapi dalam tone berbeda. Misalnya, paduan biru pastel atau biru muda dengan navy atau biru tua akan jadi perpaduan warna menarik.

Pilih warna pelengkap

Untuk memberikan detail cantik di ruangan, Bunda dapat menambahkan warna pelengkap. Warna yang berseberangan satu dengan yang lainnya juga dapat disebut sebagai pelengkap dan tetap tampak cantik saat dipadukan. Salah satu warna pelengkap sekarang ini yang sedang populer adalah palet warna coral, seperti biru tosca atau hijau.

10 pilihan kombinasi warna cat pas untuk hunian

Sadarkah Bunda bahwa kerap terjadi sejumlah kesalahan umum yang dilakukan orang ketika memilih kombinasi warna cat rumah? Sebab ada beberapa pelanggaran yang tidak sesuai serta tidak boleh diaplikasikan pada rumah Bunda. Nah, supaya tidak salah jalur, berikut ini ada sejumlah kombinasi warna cat rumah untuk Bunda coba:

1. Pastel

Ungu muda atau mauve, merah muda, dan biru muda, sering disebut dengan warna-warna pastel. Warna-warna pastel menyatu baik sebagai kombinasi warna cat hunian.

Memakai warna pastel di cat dinding dalam ruangan atau interior akan memberikan tampilan serta nuansa berbeda di rumah. Warna-warna ini akan memamerkan sifat yang netral, lembut, serta menenangkan pada hunian. Ini merupakan kombinasi warna cat terbaik untuk kamar anak.

2. Ungu dan abu-abu

Warna ungu yang berpadu dengan abu-abu membuat tampilan interior rumah lebih modern dan bermartabat. Sifat luar dari warna ungu dipadukan dengan abu-abu netral akan tampil sebagai kombinasi warna cat dinding yang istimewa. Kombinasikan pada ruang tamu dan mereka yang datang akan menganggap Bunda mempunyai sifat luar biasa modern. Selain itu, tren dari kombinasi warna cat hunian ini akan disukai oleh mayoritas orang.

3. Charcoal dan lime

Cara bagus untuk membuat sebuah pernyataan diri adalah dengan warna berani di rumah, bahkan di rumah yang paling kecil sekalipun, adalah memulai dengan warna netral kuat. Jangan lupa tambahkan semburat warna cerah di pintu depan. Kombinasi warna cat dinding ini dapat menjadi ideal untuk Bunda yang memiliki rasa kepercayaan diri tinggi.

Modern living room interior with vibrant colorsIlustrasi kombinasi warna cat rumah/Foto: Getty Images/iStockphoto/nurulanga

4. Soft pink dan turquoise

Kombinasi warna cat tembok pink lembut serta turquoise merupakan kombinasi berani untuk interior rumah, Bun. Tren warna cat rumah ini akan memberikan tampilan cerah serta berkilau dengan sifat semarak biru kehijauan dan merah muda.

Dengan rona macam ini, rasanya cocok ya Bun untuk menjadikannya pilihan warna untuk kamar anak perempuan. Meski demikian, warna ini juga bagus untuk kombinasi warna cat tembok hunian yang selaras dengan dengan beberapa gaya desain interior rumah.

5. Aquarium blue dan grape

Kombinasi warna unik di dinding interior ini akan menanamkan energi hidup serta menyenangkan. Warna-warni ini akan mengelilingi keluarga Bunda dengan keceriaan serta antusiasme. Cocok banget untuk mengubah sifat ruangan yang membosankan.

Kombinasi warna cat ini juga akan menerangi ruangan. Selain itu perpaduannya pada pintu masuk rumah akan membuatnya semakin menarik untuk para tamu. Warna anggur dan biru aqua merupakan salah satu kombinasi warna yang terbaik untuk rumah Bunda.

6 Kuning dan biru

Perusahaan cat asal Jepang, Nippon Paint terus mengembangkan teknologi Anti Mikroba bertajuk Silver Ion yang teruji klinis 99% efektif membasmi virus. Inspirasi Warna dan Kesehatan di Tengah Pandemi Perusahaan cat asal Jepang, Nippon Paint terus mengembangkan teknologi Anti Mikroba bertajuk Silver Ion yang teruji klinis 99% efektif membasmi virus.Warna kuning dan biru/ Foto: dok. Nippon Paint

Kuning dan biru membuat kombinasi warna dengan kesan elektrik. Perpaduan kuning hangat dan biru cerah membuat interior rumah Bunda tampak lebih dinamis dan menarik.

Dinding berwarna biru akan memberikan kesan dramatis dan memercikkan kontras dari warna kuning. Namun, di saat bersamaan akan melembutkan suasana rumah.

Kombinasi yang dinamis ini cocok sekali untuk ruang belajar anak karena warna kuning diketahui bisa meningkatkan daya ingat. Tidak salah ya, Bun jika pengaruh dari warna-warna ini di rumah menjadikannya sebagai cat dinding interior paling disukai.

7. Putih dan navy blue

Dengan nuansa biru tua serta aksen putih, kombinasi warna cat untuk rumah ini adalah perpaduan dinding interior paling minimalis. Kombinasi warna ini akan menambahkan banyak perspektif pada rumah serta membuat interior tampak bersih serta elegan. Kombinasi warna cat ini pun membuat ruangan tampak luas serta merangsang nafsu makan, menjadikan pilihan tepat untuk ruang dapur.

8. Cokelat dan hijau

Sadarkah Bunda bahwa seseorang selalu cenderung merasakan tenang ketika duduk di taman? Kehadiran pepohonan menenangkan suasana hati, membuat Bunda merasa tenang, dan segar.

Hal sama bisa diterapkan pada kombinasi warna hijau dan cokelat pada dinding interior. Kombinasi warna cat ini membuat Bunda dan keluarga merasakan segar. Jangan lupa tambahkan suasana alami pada hunian Bunda berupa tanaman hijau hidup agar makin nyaman.

9. Aqua dan cream

Kombinasi krem serta aqua bisa memberikan suasana yang sejuk di rumah. Kombinasi unik ini akan mengingatkan seseorang dengan suasana pantai. Coba saja Bunda bayangkan perpaduan warna aqua yang memantulkan air laut dan krem pudar yang mewakili warna pasir.

Kombinasi dinding interior macam ini akan menciptakan suasana damai dan santai. Dengan begitu, perpaduan warna ini disarankan untuk ruangan yang memang diciptakan untuk Bunda melepas penat.

10. Abu-abu dan biru muda

Kombinasi abu-abu dan biru muda dapat menghadirkan kesan dingin pada ruangan tapi tetap terlihat elegan. Dua warna pastel ini dapat menjadi kombinasi warna cat yang pas untuk Bunda yang ingin memilliki hunian tampak 'hidup'.

Itulah sejumlah rekomendasi kombinasi warna cat rumah yang bisa Bunda coba untuk membuat nuansa hunian menjadi lebih segar dan menarik. Mengganti cat dinding rumah pun akan membuat nuansa hati Bunda dan penghuni rumah menjadi lebih baik dan tak mudah bosan. (PK)


Simak juga video berikut mengenai cara merancang musholla di rumah minimalis. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!