sign up SIGN UP search


moms-life

6 Pertanyaan Penting Sebelum Memutuskan Beli Cat Rumah, Apa Saja?

Niken Damayanti   |   Haibunda Rabu, 17 Nov 2021 03:00 WIB
Empty modern kitchen with appliances, dining table with pendant lights on hardwood floor. Slight  vintage effect applied. 3d rendered image. caption
Jakarta -

Banyaknya pilihan warna membuat Bunda terkadang bingung untuk memilih warna yang cocok untuk suatu ruangan. Padahal tentunya banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum menentukan warna cat rumah yang pas.

Cat warna menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan karena memiliki pengaruh pada suasana dan perasaan Bunda, apalagi Bunda banyak menghabiskan waktu di rumah.

Memilih warna yang pas dapat menciptakan suasana baru di rumah, juga dapat menghindari rasa jenuh yang ada dengan beberapa perubahan kecil yang dapat Bunda mulai dari sebelum memutuskan membeli cat.


Nah, mungkin ada beberapa pertanyaan yang dapat membuat Bunda mempertimbangkan sebelum membelinya. Dilansir dari laman Huffington Post, berikut ini ada enam pertanyaan yang bisa menjadi pertimbangan Bunda untuk membeli cat warna.

1. Apakah warna ini memberikan kenyamanan?

Seringkali Bunda menghabiskan waktu untuk memikirkan desain interior rumah yang nyaman seperti apa. Namun hal yang terpenting adalah memikirkan warna apa yang cocok dan dapat mempengaruhi suasana ruangan agar terasa nyaman.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Saat memilih warna cat untuk suatu ruangan, Bunda juga bisa memulai mencoba merasakan akan membuat nuansa seperti apa. Hal lainnya seperti seberapa hangat dan nyaman Bunda berada di dalam suatu ruangan tersebut.

Selain itu, warna ruangan juga ternyata dapat memberikan kesan antusias dan respon bervariasi bagi setiap orang yang melihatnya. Nah, mungkin sebelum Bunda memikirkan desain interior yang pas, ada baiknya terlebih dahulu mencocokkan warna cat. 

Misalnya, warna pink artinya menenangkan dan warna biru dikenal warna yang membuat pikiran menjadi segar. Ketika sedang bekerja dari rumah juga warna coklat kekuningan atau beige menjadi warna stabil dan menyatu dengan perasaan kita.

2. Suasana seperti apa yang ingin dirasakan?

Biasanya dalam memilih warna, pastinya Bunda memikirkan suasana seperti apa yang dapat mewakili perasaan Bunda dengan warna yang dipilih. Apalagi, Bunda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, mungkin Bunda bisa memilih warna yang akan membawa Bunda terasa seperti suasana di luar rumah agar pikiran tetap segar. 

Misalnya saja cat rumah berwarna hijau dan biru yang mempunyai daya tarik tersendiri. Warna tersebut bisa membawa Bunda dan orang sekitar ke suasana alam yang sejuk dan asri. Namun, jangan lupa sesuaikan juga dengan warna furnitur dan dekorasi lainnya ya, Bunda.

3. Apakah warna ini menggambarkan kepribadian Bunda?

Ternyata dalam memilih warna, juga sangat penting untuk mewakili identitas Bunda lho. Begitu juga, dapat memberikan kualitas yang unik pada rumah Bunda, selain itu dapat menjadi bentuk ekspresi kepribadian Bunda mulai dari gaya hidup, warna kesukaan, budaya, serta pengaruh keuangan dan lainnya.

Setiap orang memiliki kesukaan warna yang berbeda, misalnya beberapa orang ada yang menyukai warna yang cerah dan mungkin yang lain merasa lebih nyaman dengan warna yang netral. Selain itu, warna juga menimbulkan persepsi yang beda tentang apa yang terlihat mewah atau mahal.

Seperti, warna hitam memberikan kesan yang mewah ekslusif dengan warna emas yang berkesan sebagai juara. Tetapi, setiap orang juga memiliki pilihan warna yang berbeda-beda. 

PERTANYAAN LAINNYA YANG PERLU DIPERHATIKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!