sign up SIGN UP search


moms-life

4 Jenis Media Tanam untuk Anggrek, Serabut Kelapa hingga Batu

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 04:00 WIB
Woman transplanting orchid into another pot on kitchen. Housewife taking care of home plants and flowers. Gardening caption
Jakarta -

Merawat tanaman hias memang susah-susah gampang ya, Bunda. Meski begitu, media tanam yang digunakan oleh tanaman hias enggak boleh sembarangan, nih.

Selain tanaman hias daun, Bunda juga bisa merawat tanaman hias bunga, nih. Salah satunya yang paling cantik adalah bunga anggrek.

Bunga anggrek merupakan jenis tanaman hias yang populer karena memiliki bunga yang indah. Tak hanya itu, warnanya juga beragam sehingga Bunda memiliki banyak pilihan.


Melansir dari laman Apartment Therapy, kebanyakan jenis bunga anggrek sangat rentan terhadap sengatan sinar matahari, Bunda. Karena itu, ada baiknya Bunda menghindari tanaman ini dari sinar matahari langsung.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah

Tak hanya itu, penyiraman pada bunga anggrek termasuk perawatan yang paling tricky, Bunda. Bunga anggrek memang menyukai kelembapan. Namun, mereka juga tidak akan bertahan lama jika diberikan terlalu banyak air. Sedangkan anggrek akan mati jika kekeringan.

Selain sinar matahari dan penyiraman, media tanam bunga anggrek juga enggak boleh sembarangan nih, Bunda. Anggrek tidak bisa tumbuh di tanah pot biasa atau tanah campuran, lho.

Media tanam bunga anggrek

Menurut seorang ahli tanaman hias, Wulan Kurnia Sari, setidaknya ada tiga jenis media tanam yang bisa Bunda gunakan sebagai media tanam bunga anggrek, nih. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Serabut kelapa

Perlu Bunda ketahui, tanaman hias bunga anggrek bisa hidup bahkan tanpa media tanam tanah, Bunda. Salah satu media yang bisa digunakan adalah serabut kelapa.

Menurut Wulan, serabut kelapa salah satu media tanam favorit untuk anggrek, Bunda. Media tanam ini juga cocok untuk Bunda yang ingin meletakkan anggrek di kantor atau apartemen.

"Pakai serabut kelapa oke. Biasa kalau di kantor atau apartemen maunya yang kelihatan cantik pakainya serabut kelapa. Dan kalau mau otomatis kandungan airnya bisa tercukupi, di atasnya bisa diberikan hydrogel," jelasnya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat media tanam anggrek yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, intip juga video langkah menanam seledri berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MEDIA TANAM BUNGA ANGGREK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!