sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Merawat Tanaman Begonia Keong Supaya Makin Cantik dan Estetik

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 11 Jun 2022 03:00 WIB
Ilustrasi begonia caption
Jakarta -

Bunga begonia keong memang terkenal memiliki bentuk daun yang terlihat sangat unik. Daun dari escargot begonia memiliki motif spiral yang menakjubkan dan terlihat seperti keong.

Berbeda dengan jenis begonia lainnya, escargot begonia memiliki ukuran daun kecil dan warna daun yang beragam, seperti cokelat, pink, hijau, ungu, perak, dan merah. Jika tumbuh dengan optimal, maka tingginya bisa mencapai 40 cm.

Cara merawat tanaman begonia

Nah, bagaimana sih cara merawat begonia keong agar tampil cantik dan estetik?


Banner Benarkah Seks Menyakiti JaninFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

1. Masalah pencahayaan

Begonia keong pada umumnya tumbuh di bawah naungan pepohonan. Tanaman ini memang suka hidup pada kondisi tempat yang teduh dan tidak kekurangan cahaya.

Walaupun begonia membutuhkan cahaya untuk mempercantik daunnya, sebaiknya hindari terlalu lama meletakkannya di bawah sinar matahari telak ya, Bun. Lalu, jika Bunda ingin menjadikan tanaman begonia keong sebagai hiasan rumah, maka setidaknya jangan meletakkannya dekat jendela.

2. Kelembapan dan temperatur

Begonia keong dapat tumbuh dengan baik pada suhu 18 - 26 0 C. Walaupun demikian tanaman ini bisa menolerir penurunan suhu sampai 12 - 35 derajat Celcius. Suhu yang lebih panas atau dingin akan membuat tanaman satu ini berjuang agar bisa bertahan hidup.

Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan kelembapan lingkungan. Mengapa demikian? Karena begonia keong menyukai kondisi lingkungan yang lembap.

3. Penyiraman

Tahap penyiraman pada bunga begonia keong perlu dilakukan secara teratur ketika musim panas. Saat itulah fase aktif tanaman ini bisa berkembang. Ketika musim hujan tiba, biasanya pertumbuhan begonia keong akan melambat.

Young happy brunette woman pouring water from watering can on potted plants in her home greenhouse, her little private garden. She's sitting cross-legged on a floor.Penyiraman/ Foto: Getty Images/iStockphoto/KuznetsovDmitry

Oleh sebab itu, Bunda perlu menyesuaikan waktu penyiraman dengan tepat ketika musim hujan atau musim panas. Hal yang perlu diperhatikan tentunya kondisi tanah yang mulai kering, perlu dilakukan penyiraman optimal.

Bunda sesekali juga perlu menyesuaikan kelembapan tanah dengan cara menusukkan jari. Jika kondisi tanahnya masih lembap, berarti Bunda tidak perlu menyiram tanaman ini. Namun, jika tanah dalam kondisi kering melebihi 2 ruas jari, maka sudah saatnya Bunda melakukan penyiraman.

4. Media tanam

Begonia keong menyukai kondisi tanah yang subur, kering, dan sedikit gembur. Kondisi tanah demikian memiliki drainase yang baik dan tidak mudah menggenang ketika dilakukan penyiraman.

Tanaman begonia keong juga rentan mengalami pembusukan akar. Oleh sebab itu perlu dijaga dengan baik agar tanahnya memiliki drainase yang baik.

5. Pemupukan

Planting a plant with gardening tools on fertile soil texture background seen from above, top view. Gardening or planting concept. Working in the spring garden.Pemupukan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Chet_W

Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada begonia keong saat musim panas. Hal ini dikarenakan tanaman sedang mengalami pertumbuhan yang sedang aktif-aktifnya. Saat musim penghujan tiba, maka Bunda bisa menunda melakukan pemupukan pada begonia keong. Tanaman satu ini memiliki ciri khas pada bentuk daunnya, oleh sebab itu berikanlah pupuk untuk merangsang pertumbuhan daun.

6. Pemangkasan

Bunga begonia keong tidak perlu pemangkasan rutin seperti tanaman lainnya yang tumbuh lebat. Hal yang perlu dilakukan dengan memotong bagian daun yang rusak saja, entah karena layu, mengalami perubahan warna, terkena penyakit, dan kering. Proses pemangkasan bisa dilakukan agar bentuk tanaman sesuai dengan keinginan.(PK)

Simak juga video berikut mengenai cara merawat aglaonema dan calathea di rumah Bunda. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!