sign up SIGN UP search


moms-life

Begini Cara Minum Kopi yang Bisa Bikin Panjang Umur Menurut Penelitian

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 20:50 WIB
A woman pouring cold-brew coffee into a re-usable mug in the kitchen. caption
Jakarta -

Menyesap kopi di pagi hari bisa jadi merupakan kebiasaan sebagian orang. Apakah Bunda termasuk di antaranya? Ada kabar baik nih, Bunda. Ternyata kopi disebut sebagai minuman yang bisa membuat panjang umur.

Eits, tapi tak sembarang kopi ya, Bunda. Sebuah penelitian menemukan jenis dan cara minum kopi yang bisa memperpanjang angka harapan hidup. Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, minum kopi, baik dengan pemanis ataupun tanpa pemanis, terkait dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Para peneliti melakukan jajak pendapat terhadap 171.616 peserta di Inggris selama setahun tentang gaya hidup mereka, termasuk di antaranya kebiasaan minum kopi. Para peserta yang berusia 37-73 tahun dilaporkan tidak memiliki penyakit kardiovaskular saat survei.


Para peneliti kemudian melakukan pemantauan lanjutan pada tujuh tahun kemudian untuk mengetahui kondisi peserta.

Hasil penelitian menemukan, orang yang minum kopi berpemanis dalam jumlah sedang atau sekitar 1,5 hingga 3,5 cangkir per hari, memiliki risiko kematian 30 persen lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak minum kopi.

Sementara mereka yang minum kopi tanpa pemanis memiliki risiko kematian 16-29 persen lebih rendah dari mereka yang tidak meminum kopi.

Temuan tersebut disesuaikan dengan sosiodemografi, gaya hidup, dan faktor klinis untuk melihat hasilnya. Misalnya, tim peneliti juga mengajukan pertanyaan tentang kebiasaan merokok, jumlah aktivitas fisik, hingga kebiasaan makan.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!