sign up SIGN UP search


moms-life

Teman atau Keluarga Hobi Pinjam Uang? Ini 4 Cara Menghadapinya Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 21:10 WIB
hand showing rupiah money from wallet isolated on white background caption
Jakarta -

Bagi beberapa orang membicarakan soal uang merupakan topik yang paling sensitif. Bunda juga mungkin sering mendengar ungkapan tentang uang tidak mengenal teman dan keluarga. Apa Bunda setuju?

Hal tersebut seolah menggambarkan kalau berbicara soal duit hubungan dengan siapa pun bisa merenggang. Namun, sering kali kita dihadapkan dalam situasi ada saja teman atau keluarga yang meminjam uang.

Mungkin Bunda terkadang dilema jika ada seseorang teman yang ingin meminjam uang, tetapi sebetulnya Bunda tak ingin memberikannya.


Bunda pun mungkin memiliki rasa tidak enak di hati apabila tidak meminjamkan. Apalagi jika yang meminjam uang tersebut merupakan keluarga dekat. Namun, tak ada salahnya juga jika Bunda menolak meminjamkannya.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Lantas, bagaimana caranya agar Bunda dapat menolak permintaan tersebut? Berikut empat tips yang bisa Bunda lakukan seperti dirangkum dari Moneymax:

1. Jangan bagikan soal kondisi keuangan Bunda pada orang lain

Teman atau anggota keluarga seringkali datang untuk meminjam uang karena mereka tahu kalau Bunda bisa meminjamkannya. Mereka bisa saja melihat Bunda sering belanja, makan di restoran, dan berlibur saat weekend melalui unggahan Bunda di media sosial.

Hal tersebut membuat orang-orang menganggap kalau Bunda tampak sangat nyaman secara finansial, mampu, dan bersedia meminjamkan uang kepada orang lain.

2. Pertimbangkan hubungan

Salah satu hal yang Bunda harus pertimbangkan saat hendak meminjamkan uang kepada orang lain, yakni hubungan Bunda dengan orang tersebut. Mengapa? Karena keputusan Bunda akan bergantung pada seberapa dekat dan lamanya Bunda saling mengenal dengan orang tersebut.

Apabila Bunda jarang bertemu dan berkomunikasi dengan orang tersebut, maka Bunda bisa dengan sangat mudah untuk menolak memberikan pinjaman uang.

Lalu, bagaimana cara selanjutnya? TERUSKAN MEMBACA DENGAN KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video empat tips sebelum melakukan investasi logam mulia berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!