sign up SIGN UP search


moms-life

Catat Bun, Waktu Terbaik Minum Kopi Adalah...

Annisa A   |   Haibunda Kamis, 14 Jul 2022 17:10 WIB
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copyspace for your text caption
Jakarta -

Kopi telah menjadi minuman favorit banyak orang untuk mengisi waktu luang. Bagi penikmat kopi, minuman ini tak pernah luput menemani rutinitas sehari-hari ya, Bunda?

Sebagian orang mengandalkan kopi untuk meningkatkan fokus ketika bekerja. Ada juga yang menganggapnya mampu meningkatkan stamina dan mengusir rasa kantuk.

Apapun alasannya, kopi memang menjadi minuman yang lezat untuk dinikmati, Bunda. Apalagi saat ini sudah terdapat berbagai macam racikan kopi mulai dari kopi hitam ataupun kopi susu dengan rasa yang lezat.


Akan tetapi, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk menyeruput kopi, ya?

Banyak orang memilih untuk menikmati kopi pada pagi hari. Namun ternyata, pagi hari bukanlah waktu ideal untuk mendapatkan manfaat kopi.

Melansir dari The Healthy, tubuh akan mengeluarkan hormon pemicu stres yaitu kortisol yang tinggi pada saat bangun tidur. Hal itu berfungsi untuk membuat tubuh dapat langsung terjaga usai beristirahat.

Kadar kortisol tinggi pada pagi hari membuat kafein pada kopi kehilangan efektivitasnya untuk vitalitas tubuh.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kopi, beberapa ahli merekomendasikan untuk meminum kopi di pertengahan pagi atau sore hari. Mengonsumsi kafein sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun tidur juga akan bermanfaat.

"Itu karena pada pertengahan pagi hari dan sore hari, tubuh Anda kekurangan kortisol dan sangat membutuhkan peningkatan yang baik," ujar Sherry A. Ross, MD, pakar kesehatan wanita.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengatakan bahwa orang dewasa yang sehat dapat minum hingga 400 miligram kafein per hari, atau setara dengan empat atau lima cangkir kopi tanpa efek negatif.

Meski begitu, ada juga orang yang lebih sensitif terhadap kafein sehingga harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi kopi. Dengan keasaman kopi, perut kosong akan menyebabkan masalah refluks, mulas atau sakit perut. Jadi, sangat penting untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum meminum kopi.

Apabila Bunda sedang berada dalam keadaan tubuh sehat, tak ada salahnya untuk menyeruput kopi. Ada promo spesial dari The Coffee Bean & Tea Leaf untuk para penikmat kopi, nih.

Pelanggan The Coffee Bean & Tea Leaf dapat menikmati promo Santuy Sore Gratis apabila melakukan pembayaran dengan memakai Allo Bank yang sudah di-upgrade ke Allo Prime.

Dengan paket ini, Bunda bisa mendapatkan Iced Vietnamese Coffe dan camilan berupa Orange Muffin hanya seharga Rp25 ribu saja, lho. Perlu diperhatikan bahwa promo ini hanya berlaku khusus untuk pengguna baru Allo Bank.

Jadi tunggu apalagi, download Allo Bank di sini dan nikmati berbagai keuntungan berbelanja di Transmart dengan memakai Allo Bank.

Simak juga tentang 5 barang yang bisa dibeli sebagai self-reward Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!