sign up SIGN UP search


moms-life

Serba-serbi Bacaan Doa Qunut, Ini Hukum dan Ketentuan Membacanya Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 15 Jul 2022 10:20 WIB
Young muslim woman in beige hijab and traditional clothes praying for Allah at home caption
Jakarta -

Dalam salat, ada berbagai ketentuan yang sunnah untuk dilakukan, Bunda. Salah satunya adalah membaca doa qunut.

Doa qunut biasanya dibacakan pada waktu salat subuh. Namun, masih banyak orang yang mempertanyakan apakah doa qunut pada salat subuh memang diwajibkan atau boleh ditinggalkan.

Permasalahan doa qunut masih menjadi topik yang menarik untuk dibahas oleh beberapa ulama. Bahkan, tak sedikit ulama yang mengatakan pembacaan doa qunut baiknya hanya dilakukan ketika umat Muslim tengah mendapatkan musibah saja.


Banner Pengental ASI

Doa qunut Nazilah

Melansir dari laman PBNU, doa qunut nazilah merupakan doa qunut yang dibacakan ketika umat Islam tengah mendapatkan musibah atau tertimpa keadaan yang tidak menenangkan berupa ketakutan, Bunda. Musibah yang dimaksud bisa berupa panceklik, pandemi, wabah, atau semacamnya.

Doa qunut nazilah sendiri dibacakan pada rakaat terakhir salat lima waktu ketika iktidal dengan bersuara. Doa ini bisa dibacakan saat Bunda salat sendiri atau berjamaah.

Dalam Islam, tujuan membaca doa qunut nazilah adalah untuk meningkatkan amalan sekaligus meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT, Bunda. Rasulullah SAW dikisahkan juga pernah membaca doa qunut nazilah saat kaum muslim mengalami musibah.

Hukum doa qunut pada salat subuh

Kebanyakan orang membacakan doa qunut pada salat subuh, Bunda. Melansir dari buku Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemahan karya Imam an-Nawawi, sesungguhnya membaca doa qunut dalam salat subuh hukumnya sunnah.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah yang sahih dan diriwayatkan pada Ibnu Abbas ra. Hadist tersebut berbunyi sebagai berikut:

"Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak melakukan qunut dalam salat subuh, kecuali beliau terpisah dengan dunia."

Perlu Bunda pahami, doa qunut pada salat subuh hukumnya adalah sunnah muakad (kesunnahan yang disepakati), Bunda. Jadi, kalau ditinggalkan tidak akan membatalkan salat, akan tetapi sunnah melakukan sujud syahwi. Hal ini hukumnya juga sama, baik ditinggalkan dengan sengaja atau karena lupa.

Lantas, apakah pembacaan doa qunut pada salat fardhu lain juga disunnahkan?

Hukum doa qunut pada salat fardhu lainnya

Dalam permasalahan ini, Imam Syafi'i mengungkapkan ada tiga pendapat, Bunda. Pendapat yang paling benar dan masyhur adalah umat Muslim disunnahkan membaca doa qunut sebagai qunut nazilah dalam salat fardhu selain salat subuh. Sementara itu, kalau tidak tertimpa musibah, maka tidak melakukan qunut.

Pendapat kedua mengatakan doa qunut mutlak dilakukan di salat fardhu lainnya. Sedangkan pendapat ketiga mutlak tidak melakukan qunut pada salat fardhu lainnya.

Hukum doa qunut dalam salat witir

Selain salat fardhu, ternyata doa qunut yang dibacakan dalam salat witir juga kerap menjadi pertanyaan, Bunda. Banyak pendapat mengatakan doa qunut sunnah dibacakan pada rakaat witir terakhir pada pertengahan akhir bulan Ramadhan.

Meski begitu, para ulama Syafi'iyah juga ada yang berpendapat untuk membacakan doa qunut pada semua salat witir di bulan Ramadhan. Bahkan ada pendapat yang melakukan qunut pada salat witir dalam setahun, Bunda.

A female adult is putting both hands together for 'doa' (Muslim way of praying) during partial lockdown in Malaysia.ilustrasi baca doa qunut

Waktu pembacaan doa qunut

Pada salat subuh, pembacaan doa qunut adalah setelah mengangkat kepada dari rukuk pada rakaat kedua, Bunda. Sementara itu, pendapat Imam Malik ra. menjelaskan pembacaan doa qunut pada salat subuh dilakukan sebelum rukuk.

Mengetahui adanya pendapat ini, para ulama Syafi'iyah berkata qunut sebelum rukuk tidak terhitung qunut-nya. Pendapat ini adalah pendapat yang ashah atau yang paling penar.

Mengutip dari buku Fiqih Sunnah Jilid 1 karya Sayyid Sabiq, apabila membaca doa qunut sebelum melakukan rukuk, hendaknya bertakbir seraya mengangkat kedua tangan setelah selesai membaca Al-Quran, Bunda. Hendaknya juga bertakbir lagi setelah membaca doa qunut.

Berkenaan dengan hal mengusap wajah dengan kedua tangan setelah membaca doa qunut, ulama menjelaskan baiknya tidak dilakukan. Jadi, saat membaca doa qunut baiknya mengangkat kedua tangan dan tidak mengusapkannya ke wajah.

Bacaan doa qunut

Merangkum dari buku Kupas Tuntas Qunut Subuh karya M. Abdul Wahab, Lc, berikut ini adalah bacaan doa qunut dilengkapi dengan Bahasa Latin dan artinya.

اَللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ، فَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

Bacaan Latin: Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait. Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya: "Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun. Dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara. Dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada mereka. Dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum. Maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya."

Bacaan doa qunut sesuai riwayat Umar bin Khattab

Adapun bacaan doa qunut sesuai dengan riwayat Umar bin Khattab adalah sebagai berikut Bunda:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ
ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ
اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

Bacaan Latin: Allâhummaghfir lilmuminina wal muminât, wal muslimina wal muslimât, wa allif bayna qulübihim, wa aslih dhâta baynihim, wansurhum alâ aduwwika wa ala aduwwihim. Allâhummal an kafarata ahlil kitâbil-ladhina yukadh-dhibüna rusulak, wa yuqâtiluna awliyâ-ak. Allâhumma khâlif bayna kalimati-him, wazaizil aqdãmahum wa anzil bihim basakal ladhi lâ tarudduhu anil qawmil mujrimin.

Artinya:"Ya Allah ! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka. Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab (yahudi dan nashrani) yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu. Ya Allah! Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat."

Manfaat doa qunut

Sesuai artinya, pada awal kalimat doa qunut sudah memohon sebuah permintaan kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk dalam kehidupan ini.

Doa qunut juga menjadi cara kita meminta ilmu bermanfaat serta mendapatkan amalan lebih baik lagi, terutama ketika Ramadhan. Tidak hanya itu, doa qunut juga meminta kepada Allah SWT agar selalu dilindungi dari bahaya dunia maupun akhirat.

Membaca doa qunut juga dipercaya menjadi permohonan untuk diberikan keselamatan dari segala penyakit, termasuk yang datangnya dari hati. Selain itu, manfaat lain dari doa qunut juga akan memberikan keberkahan dalam hidup.

Setelah paham akan membaca doa qunut saat salat subuh serta manfaatnya yang luar biasa, yuk diamalkan Bunda. Terlebih lagi di bulan suci Ramadhan maka tentu pahalanya akan berkali lipat.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Ibadah makin khusyuk jika ada ruang yang nyaman, simak tips membut mushola minimalis di rumah:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!