sign up SIGN UP search


moms-life

Omicron Centaurus Sudah Masuk ke Indonesia, Begini Gejala Khasnya Bun

ank   |   Haibunda Rabu, 20 Jul 2022 20:05 WIB
Ilustrasi Demam Covid caption
Jakarta -

Virus COVID-19 subvarian Omricon Centaurus sudah masuk ke Indonesia, Bunda. Ada beberapa gejala khas dari virus ini yang perlu diwaspadai ya.

Subvarian Omicron Centaurus atau BA.2.75 telah masuk dalam kategori Variant of Concern (VOC) Lineage Under Monitoring. Artinya, subvarian ini sedang diawasi secara ketat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

WHO sebenarnya tidak memberikan nama resmi untuk subvarian Omricon BA 2.75. Tapi, subvarian ini banyak disebut sebagai Centaurus yang berarti makhluk berwujud manusia setengah kuda dalam mitologi Yunani.


Di Indonesia, temuan kasus subvarian Omicron Centaurus ada di Bali dan Jakarta. Hal ini disampaikan langsung Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu.

"Sudah ada tiga kasus (Omicron BA.2.75). Satu kasus di Bali dan dua kasus di Jakarta," kata Maxi, belum lama ini.

Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali telah memberikan keterangan terkait kondisi satu pasien subvarian BA 2.75 atau Centaurus ini. Menurut Ketua Harian Satgas COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, pasien yang dimaksud tidak sampai dirujuk ke rumah sakit.

Meski begitu, pasien tersebut menunjukkan gejala yang ringan. Gejala ringan yang dialami merupakan dampak positif dari vaksinasi.

"Tidak ada yang sampai sakit. Ini kan dampak positif dari vaksinasi, jadi kita bisa saja terinfeksi tapi kita sudah vaksinasi," ujar Dewa Made Indra di kantor DPRD Bali, Senin (18/7/22).

Tiga pasien yang positif COVID-19 Omricon Centaurus di Indonesia dilaporkan mengalami gejala ringan, Bunda. Sejauh ini, tidak ada laporan pasien mengalami gejala sedang atau berat.

Lalu benarkah gejala subvarian baru ini mirip dengan gejala pasien Omricon BA.4 dan BA.5?

Juru Bicara Kemenkes Mihammad Syahril mengatakan bahwa gejala yang muncul pada pasien terpapar COVID-19 Omricon Centaurus serupa dengan yang ditemukan pada pasien Omicron BA.4 dan BA.5. Gejalanya masih tergolong ringan, Bunda.

"Sama saja (dengan BA.4 dan BA.5), (gejalanya) masih ringan," ujar Syahril.

Gejala COVID-19 Omricon Centaurus dapat dikenali karena juga mirip dengan gejala virus COVID-19 pada umumnya. Apa saja gejala COVID-19 Omricon Centaurus yang perlu Bunda waspadai?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga ketentuan vaksinasi COVID-19 bagi Bunda yang sedang program hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!