sign up SIGN UP search


moms-life

Duh, Peneliti Sebut Orang yang Pernah Kena Omicron Rentan Kembali Terpapar Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 11:10 WIB
Different colors of the spike proteins symbolize different mutations. Coronavirus pattern on dark blue background. The pale viruses are different in size. caption
Jakarta -

Seperti yang telah diberitakan, kasus Corona kini kembali meningkat. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan sejumlah negara telah bersiap menghadapi gelombang virus baru tersebut, Bunda.

Puncak gelombang virus COVID-19 varian BA.4 dan BA.5 diprediksi terjadi pada Juli mendatang. Kita perlu waspada soal ini, Bunda. Pasalnya ada kabar tak mengenakkan datang dari para peneliti di China.

Studi baru menunjukkan seseorang yang sudah pernah terpapar strain atau varian Omicron versi paling awal, kemungkinan rentan kembali terpapar, Bunda. Risiko yang sama akan dimiliki seseorang meskipun mereka sudah divaksinasi lengkap dan ditambah dosis booster.


Dikutip dari Straits Times, pasien yang sudah divaksinasi COVID-19 dan terpapar infeksi Omicron BA.1 umumnya membentuk antibodi yang dapat menetralkan virus, Bunda. Akan tetapi, subvarian Omicron yang beredar saat ini, yakni BA.4 dan BA.5 memiliki mutasi yang memungkinkan menghindari antibodi tersebut.

Banner Cara Membuat Infused Water

Para peneliti dari China dalam jurnal Nature yang dimuat pada 17 Juni lalu menyebut mutasi yang ada di kedua varian Omicron baru berbeda dengan varian yang masih dominan di dunia yakni BA.1 hingga BA.2.

"Subvarian yang lebih baru itu terutama menghindari antibodi penetralisir yang ditimbulkan oleh infeksi dan vaksinasi COVID-19," ungkap para peneliti.

Temuan tersebut ditanggapi sejumlah ahli, salah satunya Dr Onyema Ogbuagu, dan peneliti penyakit menular di Yale, Fakultas Kedokteran di New Haven, Connecticut, yang tidak terlibat dalam studi baru.

Ia memberi saran pada masyarakat agar tak lagi tertular Omicron. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video soal makanan yang perlu dihindari agar tak rentan terkena omicron:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/fir)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!