sign up SIGN UP search


moms-life

7 Negara Paling Aman di Dunia Tahun 2022, Ada di Benua Eropa hingga Asia

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 22 Jul 2022 17:38 WIB
Scenic view of the historic town of Husavik in beautiful golden evening light at sunset with blue sky and clouds, north coast of Iceland caption
Jakarta -

Rendahnya tingkat kriminalitas menjadi salah satu faktor yang membuat suatu negara dicap sebagai negara yang paling aman di dunia, Bunda. Kalau berkunjung ke negara-negara ini, dijamin apapun yang Bunda letakkan di luar rumah tidak akan hilang.

Global Peace Index telah mendapatkan beberapa peringkat negara-negara yang dinobatkan sebagai negara teraman di dunia. Laporan ini diterbitkan setiap tahun oleh Institute for Economics and Peace, sebuah organisasi non-profit yang didedikasikan untuk mengalihkan fokus dunia ke perdamaian.

Sebanyak 163 negara ditampilkan dalam laporan tersebut, Bunda. Sementara itu, ada 23 indikator berbeda yang digunakan untuk menentukan seberapa aman atau berbahayanya suatu negara.


Mayoritas 25 negara teraman teratas adalah negara-negara yang berasal dari Eropa. Eropa sendiri merupakan satu-satunya benua yang tidak pernah mengalami penurunan tingkat keamanan sejak tahun 2009.

Tak hanya itu, wilayah paling aman kedua di 25 besar datang dari benua Asia. Kedua wilayah ini memiliki tingkat pembunuhan sekitar 3 dari 100.000 penduduk.

Negara paling aman di dunia

Bunda penasaran dengan deretan negara paling aman di dunia? Kalau penasaran, berikut ini Bubun bagikan ulasannya dari laman World Population Review.

1. Islandia

View of Husavik in IcelandNegara Islandia/ Foto: Getty Images/iStockphoto/anderm

Menurut Global Peace Index, Islandia adalah negara teraman secara global selama 13 tahun berturut-turut, Bunda. Islandia sendiri merupakan negara Nordik dengan populasi yang relatif kecil, yakni sekitar 340 ribu jiwa.

Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, sedangkan standar harapan hidupnya tinggi. Sikap sosial masyarakat Islandia juga kuat terhadap kejahatan. Mereka pun percaya pada kepolisian mereka yang terlatih dan berpendidikan tinggi.

2. Selandia baru

2018, JAN 3 - Auckland, New Zealand, Panorama view, Beautiful landcape of the building in Auckland city before sunset. View from Cyril Bassett VC Lookout.Negara Selandia Baru/ Foto: Getty Images/iStockphoto/huafires

Selandia baru adalah negara teraman kedua di dunia tahun 2022. Sama seperti Islandia, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, terutama kejahatan dengan kekerasan.

Warga Selandia Baru umumnya berpikiran terbuka dan mencegah penyalahgunaan kebebasan berbicara atau berekspresi. Mirip dengan Islandia, polisi di Selandia Baru juga tidak membawa senjata api pribadi, lho.

3. Portugal

Panoramic view over Camara de Lobos, Madeira island, PortugalNegara Portugal/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Balate Dorin

Portugal menempati urutan ketiga dalam peringkat negara paling damai di tahun 2022, Bunda. Pada tahun 2014 kemarin, Portugal menduduki peringkat ke-18 secara global dan mereka pun menunjukkan perubahan besar hingga akhirnya memasuki peringkat ketiga.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat negara paling aman di dunia lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cara mengunjungi lokasi syuting drakor favorit berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



NEGARA PALING AMAN DI DUNIA YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!