sign up SIGN UP search


moms-life

10 Cara Agar Tak Tertular COVID-19 saat Jumlah Kasus Naik Lagi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 17:02 WIB
Female doctor holds a face mask with - Omicron variant text on it. Covid-19 new variant - Omicron. Omicron variant of coronavirus. SARS-CoV-2 variant of concern caption
Jakarta -

Dua tahun berlalu, pandemi COVID-19 belum juga berakhir. Belakangan, Indonesia bahkan mengalami kenainkan tren kasus karena ditemukannya subvarian baru Omicron yakni BA.4 dan BA.5.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, dua subvarian tersebut bahkan sudah mendominasi kasus Covid-19 yang ada di DKI Jakarta, Bunda.

"Sekarang di Indonesia BA.4 BA.5 tuh sudah lebih dari 80 persen dari varian yang kita genome equence, bahkan untuk di DKI Jakarta sudah 100 persen itu adalah varian BA.4 BA.5," kata Budi, dikutip dari CNBC, Rabu (2/8/2022).


Cara agar tak tertular COVID-19 saat jumlah kasus naik

Untuk mencegah penularan, Bunda dan keluarga masih dianjurkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang telah diterapkan selama pandemi dua tahun belakangan. 

Protokol kesehatan yang perlu dilakukan antara lain;

1. Cuci tangan

Tetap rajin mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa mencuci tangan sesaat, sebelum dan setelah menyiapkan makanan, dan saat akan makan. Begitu juga saat menyentuh beda yang sudah disentuh orang lain, ke toilet, hingga menyentuh sampah.

2. Pakai masker

Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Pastikan hidung, dagu, dan mulut tertutup. Pastikan jenis masker yang Anda pakai sudah sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan.

3. Tutup mulut saat bersin dan batuk

Seperti yang diketahui, virus Corona bisa menyebar lewat droplet yang keluar saat batuk ataupun bersin. Cara mencegah agar virus Corona tidak menyebar lewat jalur tersebut adalah menutup mulut dan hidung saat bersin maupun batuk.

Hal ini bertujuan agar kuman penyakit maupun virus yang mungkin ada di dalam tubuh tidak dengan mudah menyebar dan menular ke orang lain.

4. Meminimalisir kontak fisik

Masyarakat diminta meminimalisir berkontak fisik dengan orang lain. Hindari berjabat tangan, memeluk, dan mencium. 

5. Konsumsi makanan sehat

Menjaga diri dari penularan Covid juga harus dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi berlebih gula, garam, dan lemak. Untuk memastikan kebersihannya, usahakan konsumsi makanan yang diolah sendiri.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jika anak demam pasca-vaksin COVID-19, begini pertolongan pertama yang bisa Bunda berikan:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!