sign up SIGN UP search


moms-life

Waspada bun, Tingkat Keterisian Pasien COVID-19 Jakarta Tertinggi di Indonesia

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 05 Aug 2022 19:25 WIB
coronavirus COVID-19 virus patient having fever, epidemic, doctor and nurse in uniform working medicine care at hospital to protection prevention and vaccination quarantine technology Kasus COVID-19 meningkat, tingkat keterisian pasien COVID-19 DKI Jakarta tertinggi/Foto: Getty Images/iStockphoto/greenleaf123
Jakarta -

Pandemi COVID-19 belum juga usai. Lonjakan kasus baru juga mulai terlihat beberapa minggu terakhir, tak terkecuali di DKI Jakarta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, dua subvarian Omicron yang baru ditemukan yakni varian BA.4 BA.5 sudah mendominasi kasus COVID-19 yang ada di DKI Jakarta, Bunda.

"Sekarang di Indonesia BA.4 BA.5 tuh sudah lebih dari 80 persen dari varian yang kita genome equence, bahkan untuk di DKI Jakarta sudah 100 persen itu adalah varian BA.4 BA.5," kata Budi.


Hal ini membuat Jakarta berada pada urutan pertama tertinggi untuk angka keterisian pasien COVID-19 atau Bed Occupancy Rate (BOR) COVID-19 di rumah sakit berbagai daerah.

"BOR di DKI Jakarta yang tertinggi yaitu 12,93 persen," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, kondisi ini mulai terlihat sejak adanya lonjakan kasus di Indonesia beberapa minggu terakhir. 

"Angka keterisian tempat tidur atau BOR yang pada minggu-minggu sebelumnya dipertahankan di bawah 5 persen, nyatanya kini mengalami peningkatan," ungkap Prof Wiku dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip dari DetikHealth, Jumat (5/8/2022). 

Menurut Prof Wiku hal ini harus ditindak dengan tegas, mengingat kasus COVID-19 di Indonesia tengah mengalami kenaikan akhir-akhir ini.

"Apabila kenaikan kasus terus terjadi, segera ambil langkah tegas agar kondisi tidak memburuk dan berujung pada puncak kasus baru," tegas Prof Wiku.

Tak hanya Jakarta, Prof Wiku juga menyebut sejumlah daerah lain yang memiliki tingkat BOR tertinggi se-Indonesia. Mana saja?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda sedang hamil dan ingin vaksin COVID-19? Simak ketentuannya di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!