sign up SIGN UP search


moms-life

Catat Bun, Ini 7 Obat Batuk Alami Bantu Redakan Gejala COVID-19 Omicron BA.5

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 08 Aug 2022 14:35 WIB
COVID-19 Pandemic Coronavirus, Asian woman wearing a mask, have a symptoms coughing and fever caption
Jakarta -

Batuk merupakan salah satu gejala COVID-19 subvarian Omicron BA.5. Gejala tersebut tentunya bisa mengganggu aktivitas Bunda sehari-hari.

Nah, ada sejumlah obat batuk alami yang bisa meringankan gejala Omicron BA.5. Dikutip dari Medical News Today, berikut obat batuk yang dapat membantu meredakan gejala subvarian Omicron BA.5.

Obat batuk alami bantu redakan gejala Omicron BA.5

Berikut obat batuk alami yang bisa Bunda temukan di dapur untuk bantu redakan gejala COVID-19 subvarian Omicron BA.5.


1. Madu

Woman holding jar of honey in kitchenCatat Bun, Ini 7 Obat Batuk Alami Bantu Redakan Gejala COVID-19 Omicron BA.5/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Wojtek Skora

Berdasarkan penelitian, madu dipercaya dapat membantu meredakan gejala batuk. Studi pada 2021, peneliti melihat bahwa efek dari penggunaan madu untuk obat batuk alami juga dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti hidung, mulut, dan faring.

Bunda cukup mengambil satu sendok makan madu, dan menambahkannya ke dalam minuman hangat seperti teh herbal.

2. Jahe

Ginger root and ginger powder in the bowlCatat Bun, Ini 7 Obat Batuk Alami Bantu Redakan Gejala COVID-19 Omicron BA.5/ Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Jahe juga termasuk sebagai obat batuk alami lantaran dapat meredakan batuk kering hingga asma, Bunda. Pasalnya, bahan alami ini memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, anti-inflamasi juga terbukti dapat meredakan mual dan nyeri.

Studi pada 2015 memperlihatkan bahwa jahe termasuk dalam produk alami yang digunakan untuk membuat obat-obatan tradisional di Asia.

3. Air putih hangat

Young muslim girl in hijab drinking water from glass at home, closeup portrait, free spaceCatat Bun, Ini 7 Obat Batuk Alami Bantu Redakan Gejala COVID-19 Omicron BA.5 / Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Air putih hangat ternyata memiliki manfaat untuk melancarkan saluran pernapasan lho, Bunda. Selain itu, studi pada 2008 mencatat bahwa air putih dapat meredakan banyak gejala seperti sakit tenggorokan, kedinginan, hingga kelelahan.

Selain air putih hangat dapat juga meminum minuman hangat seperti teh herbal, teh hitam tanpa kafein, dan jus buah hangat.

4. Uap

Mock up glass bottle and eucalyptus. A bottle of essential oil or serum on a light background. Natural beauty product. Natural Eucalyptus OilCatat Bun, Ini 7 Obat Batuk Alami Bantu Redakan Gejala COVID-19 Omicron BA.5/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Oleksandr Shatyrov

Batuk, umumnya terdiri dari batuk basah dan batuk kering. Nah, gejala tersebut dapat diredakan dengan uap. Langkah yang dapat dilakukan yakni:

  • Ambil mangkuk kosong, kemudian isi dengan air panas
  • Tambahkan herbal atau minyak kayu putih
  • Hirup uap selama 10-15 menit
  • Lakukan satu hingga dua kali dalam sehari

5. Bromelain atau enzim yang berasal dari nanas

Ilustrasi nanasCatat Bun, Ini 7 Obat Batuk Alami Bantu Redakan Gejala COVID-19 Omicron BA.5/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ASMR

Obat batuk alami berikutnya adalah bromelain, enzim yang terdapat pada buah nanas. Cukup dengan minum jus nanas setiap hari, untuk mengurangi lendir yang ada di tenggorokan.

Bromelain berperan untuk meredakan gejala batuk, baik batuk kering atau batuk basah.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!