sign up SIGN UP search


parenting

7 Rekomendasi Obat Batuk Anak untuk Batuk Kering dan Berdahak

Annisa Karnesyia & rap   |   Haibunda Minggu, 29 May 2022 16:10 WIB
Anak minum obat caption
Jakarta -

Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak. Si Kecil bisa terkena batuk berdahak atau kering disertai gejala flu dan demam.

Saat anak batuk, Bunda dapat memberikan obat untuk mengencerkan dahaknya atau melegakan tenggorokan. Tapi, sebelum memberikan obat, Bunda sebaiknya konsultasi ke dokter anak dulu untuk memastikan dosisnya ya.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum, 7 rekomendasi obat batuk anak untuk batuk berdahak dan kering. Catat ya, Bunda!


1. Bisolvon Kids

Bisolvon Kids dapat diberikan ke anak untuk meredakan batuk berdahak, Bunda. Dilansir laman resminya, obat ini mengandung bromhexin HCl 4mg/5 ml yang bisa mengencerkan dahak, sehingga mudah dikeluarkan saat Si Kecil batuk.

Sirup obat batuk ini cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas atau pengidap diabetes karena tidak mengandung gula. Dosis pemberian obat dapat menyesuaikan usia ya.

Anak batukIlustrasi anak batuk/ Foto: iStock

2. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

Sirup obat ini bermanfaat untuk meredakan batuk yang disertai gejala-gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Kandungan obat batuk anak ini adalah ekstrak succus liquiritiae 100 miligram (mg), parasetamol 120 mg, amonium klorida 50 mg, pseudoefedrin HCl 7.5 mg, dan klorfeniramin maleat 1 mg.

Aturan pakai obat untuk anak usia 2-5 tahun adalah sehari 3 x 5 mililiter (ml) dan usia 6 - 12 tahun adalah 3 x 10 ml. Obat ini tersedia dalam berbagai macam berbagai macam rasa, seperti apel, jeruk, strawberry, dan madu.

3. Mucos Drop

Mucos Drop merupakan jenis obat batuk pengencer dahak. Obat ini dapat diberikan pada anak usia di bawah 2 tahun, Bunda.

Mucos drop mengandung ambroxol hydrochlorine 5 mg yang bisa meningkatkan sekresi saluran napas dan meredakan batuk. Penggunaan obat ini enggak boleh sembarangan atau harus sesuai petunjuk dokter ya.

Simak juga informasi lainnya soal obat untuk meredakan gejala batuk pada anak di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga ragam bahan herbal untuk atasi flu pada anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

OBAT BATUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!