sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Diet Nanas untuk Turunkan Berat Badan, Tak Konsumsi Makanan Lain 2 Hari

Arina Yulistara   |   Haibunda Kamis, 18 Aug 2022 06:30 WIB
Happy woman eating pineapple and drinking freshly squeezed pineapple juice. Attractive Ethiopian woman wearing a white shirt, standing, leaning on the kitchen countertop. caption

Diet nanas untuk menurunkan berat badan sedang dilirik. Katanya, metode diet yang satu ini bisa menurunkan berat badan hingga 2 kilogram (kg) hanya dalam 3 hari. Bagaimana bisa?

Mengutip dari Style Craze, Sten Hegler, seorang psikolog Denmark yang mengembangkan mono-diet ini pada 1970, mengklaim bahwa diet nanas klasik yang tidak melibatkan makan apa pun kecuali nanas selama 2 hari bisa menurunkan 4 hingga 5 pound (2 kg).

Meski tidak makan apa pun selama 2 hari kecuali nanas, namun tetap harus mengonsumsi makanan secara normal pada lima hari sisanya. Nanas menyediakan kurang dari 500 kalori sehingga bisa menurunkan berat badan dengan cepat.


Ketika kemudian dipadukan dengan makanan sehat lain tapi tetap terselip buah nanas setiap makan maka bisa membantu turun berat badan lebih cepat dalam waktu satu minggu. Menurut Sten, nanas akan membuat Bunda kehilangan air lebih cepat, mobilisasi lemak, dan detoksifikasi yang baik.

Nanas bisa bantu turun berat berat badan juga diakui oleh Keri Gans, MS, RDN, penulis ‘The Small Change Diet’. Menurut Keri, buah nanas juga bisa membantu mengecilkan lingkar pinggang tapi dalam porsi yang tepat.

“Semua buah dapat membantu dalam penurunan berat badan, jika ukuran porsi tetap terkendali, termasuk nanas,” ujar Keri seperti dilansir dari Women’s Health Mag.

Bagaimana jika ingin mencoba menjalani diet nanas? Sebelum mencobanya, mari kita bahas mengenai diet nanas untuk turunkan berat badan. 

Apa itu diet nanas?

Berdasarkan buku berjudul ‘The Sexy Pineapple Diet’ karya Sten Hegler, diet nanas adalah cara menurunkan berat badan secara cepat dengan mengandalkan buah nanas sebagai makanan utama. 

Menurut sebuah wawancara dengan Sten, diet itu tidak didasarkan pada bukti ilmiah apa pun. Penulis hanya menyukai nanas, jadi dia berpikir bahwa membuat diet berdasarkan konsumsi nanas dalam jumlah besar merupakan ide yang bagus.

Melansir dari Healthline, diet nanas ternyata banyak dicoba, Bunda. Beberapa orang mengikuti diet nanas selama 2 sampai 7 hari. Namun sebagian lainnya menjalani selama beberapa minggu hingga mencapai berat yang diinginkan.

Cara diet nanas

Jika Bunda ingin mencoba diet nanas sesuai saran Sten maka bisa mengikuti aturan makannya. Saat sedang menjalani diet nanas, Bunda disarankan untuk tak mengonsumsi makanan apa pun selama 2 hari per minggu dan hanya makan nanas, sedangkan lima hari sisanya tetap makan makanan normal dengan gizi seimbang. 

Beberapa ahli mengatakan bahwa Bunda bisa mengombinasikan buah nanas dengan menu makanan lain yang rendah kalori dan kaya protein tanpa lemak. Bunda bisa mengonsumsi gandum, yogurt, dan makanan protein tanpa lemak ditambah banyak nanas. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Cek di sini cara diet golongan darah yang disebut efektif turunkan berat badan:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEKTIVITAS DAN EFEK SAMPING DIET NANAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!