sign up SIGN UP search

moms-life

5 Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Kesehatan: Mulai Batasi Gagdet, Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 29 Aug 2022 15:10 WIB
kedutan mata kiri atas caption
Jakarta -

Pernahkah Bunda mengalami kedutan di bagian alis? Ternyata hal yang sama dapat terjadi di bagian lain seperti kedutan mata kiri bagian bawah.

Selama hal ini masih dalam intensitas ringan maka masih dianggap kondisi normal kok, Bun. Sehingga tidak perlu terlalu Bunda khawatirkan kondisi kedutan tersebut.

Meskipun begitu, masih ada penelitian medis yang menyebut bahwa kedutan melambangkan sebuah pertanda alarm kesehatan yang harus mulai diperhatikan. Apabila Bunda mengalami kedutan mata kiri bawah berarti ada lima hal berikut yang harus Bunda rawat/kurangi dari tubuh.


Banner Susu HamilFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Arti kedutan mata kiri bawah

1. Mata kering
Kurangnya pasokan air di mata atau mata Bunda tak cukup basah dari keadaan normal maka kemungkinan akan terjadi kedutan mata kiri bawah. Ini akan membuat Bunda tidak nyaman lho.

Kondisi ini sering terjadi ketika Bunda terlalu lama menghabiskan waktu di depan laptop atau gadget. Pasalnya, dalam kondisi tersebut, mata seseorang akan mengalami minim kedipan sehingga menyebabkan mata kering.

Selain itu mata kering juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi tertentu seperti lingkungan yang berangin, kotoran, mengonsumsi alkohol, merokok, serta penyakit tertentu. Untuk mengatasi mata kering dalam kondisi ringan, Bunda bisa menggunakan berbagai produk tetes mata yang cocok.

2. Iritasi pada mata
Kedutan mata kiri bawah juga disebabkan karena adanya iritasi pada mata. Iritasi tersebut ditandai dengan kondisi mata yang kering kemudian terasa gatal, nyeri hingga terasa sesuatu yang mengganjal di mata. Bila iritasi ini terjadi sebelum melakukan pengobatan tertentu maka sangat disarankan untuk mengunjungi dokter agar diberikan solusi terbaik.

3. Alergi
Ternyata alergi tidak hanya menyerang kulit namun juga dapat mempengaruhi mata. Kedutan pada mata juga merupakan salah satu pertanda bahwa terjadi alergi. Gejala lain dari alergi mata ditandai dengan adanya sensasi gatal di bagian mata, mata berair, dan iritasi.

4. Mengonsumsi kafein
Kafein yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat orang tetap terjaga hingga meningkatkan mood kebahagiaan ternyata juga bisa menyebabkan kedutan mata kiri bawah. Kafein akan menstimulasi terjadinya kejang pada kelopak mata yang disebut kedutan.

Untuk menghindari hal tersebut adalah dengan cara mengurangi konsumsi kafein. Biasanya ini terkandung dalam kopi, teh, coklat hitam, dan makanan atau minuman booster energi.

5. Kurang istirahat
Kelelahan juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kedutan. Kurangnya istirahat akan menyebabkan mata terasa lelah, gatal, penglihatan kabur, dan lebih sensitif terhadap cahaya. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video berikut mengenai rekomendasi WHO soal screen time anak di bawah usia dua tahun.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!