moms-life

4 Tips Atasi Mata Kering bagi Bunda yang Sering Pakai Gadget

Annisa Karnesyia Jumat, 13 Sep 2019 16:00 WIB
4 Tips Atasi Mata Kering bagi Bunda yang Sering Pakai Gadget
Jakarta - Mata sering merasa lelah atau gatal karena terlalu lama menatap layar gawai, Bun? Bisa jadi itu tanda mata kering.

Kondisi ini menurut Dokter Spesialis Mata Dry Eye Center, Jakarta Eye Center, dr.Nina Asrini Noor, Sp.M adalah hilangnya keseimbangan komponen air mata. Gejalanya, air mata tidak stabil, peningkatan kekentalan air mata, hingga kerusakan serta peradangan pada permukaan mata.

Data Jakarta Eye Center tahun 2017, sebesar 30,6 persen populasi di Indonesia mengalami mata kering. Jumlah ini meningkat dari data sebelumnya yang kurang dari 30 persen.


Salah satu penyebab mata kering, misalnya menatap layar gawai atau monitor komputer terlalu lama. Saat sedang fokus, frekuensi mata berkedip jadi berkurang sehingga mata kering, Bun.

"Mata kering akan terasa seperti ada yang mengganjal, sering merah, berair, terasa kering dan lengket, gatal, dan ada sensasi berpasir," kata Nina dalam acara 'Kenali Gejalanya & Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes' di Kota Kasablanka Mall, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ilustrasi gangguan mata akibat main gadgetIlustrasi gangguan mata akibat main gadget/ Foto: iStock

Nah, Bunda perlu menyimak 4 Tips mengatasi mata kering menurut Nina.

1. Melakukan modifikasi gaya hidup seperti mengurangi paparan AC, membatasi kegiatan dengan atensi visual tinggi, seperti menatap monitor atau gawai dan penggunaan lensa kontak sesuai saran dokter

2. Kompres hangat kelopak mata dan jaga kelopak mata tetap higienis

3. Konsumsi air dalam jumlah cukup, karena kekurangan cairan berpengaruh terhadap produksi air mata

4. Mengaplikasikan tetes mata lubrikan (artificial tears) untuk membantu meringankan gejala mata kering, jika diperlukan.

Apabila gejala tidak berkurang, Bunda dianjurkan untuk periksa ke dokter spesialis mata agar cepat ditangani. Supaya dokter bisa mendiagnosis dan menangani dengan baik. Jika tidak segera ditangani, mata kering bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup karena mata cepat lelah. Selain itu, Bunda bukan tak mungkin ketergantungan pada obat.

"Bila terjadi kerusakan di permukaan mata karena mata kering, akibatnya bisa peradangan dan infeksi," pungkas Nina.

Bicara soal kesehatan mata, simak juga tips hilangkan kantung mata di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi