sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Unik Wanita RI Kuliah di Jepang, Dahulu Enggak Pede Disebut Ninja karena Berhijab

Annisa A   |   Haibunda Kamis, 01 Sep 2022 13:00 WIB
Grace Kamila Wanita RI yang Tinggal di Jepang caption
Jakarta -

Banyak kisah unik dari para diaspora Indonesia. Berbagai pengalaman baru didapatkan oleh mereka yang bekerja ataupun menimba ilmu di luar negeri.

Salah satu pengalaman berkesan dimiliki oleh Grace Kamila, wanita Indonesia yang tinggal di Jepang. Ia sempat menimba ilmu di Negeri Sakura, sebelum akhirnya menjadi Admission Coordinator di salah satu universitas Jepang.

Grace telah menetap di Jepang lebih dari 10 tahun, Bunda. Banyak hal yang ia dapatkan ketika pertama kali tiba di Jepang. Terutama sebagai wanita yang mengenakan hijab.


Lewat akun Instagram @pgracekn, Grace kerap membagikan kisahnya selama tinggal di Jepang. HaiBunda telah mengontak Grace dan diizinkan menuliskan kisahnya.

Salah satu hal yang paling tak terlupakan adalah pandangan masyarakat Jepang yang ia terima karena memakai hijab. Sebagai kaum minoritas, penampilan Grace yang berhijab masih dianggap tak biasa oleh orang Jepang, khususnya anak-anak.

Grace bercerita, ia kerap diledek karena penampilannya. Hijab yang ia kenakan membuat Grace disebut seperti ninja.

"Satu tahun di Jepang, jilbabku diledek anak kecil di Jepang. 'Ninja! Ninja!' Malu.." ungkap Grace dalam salah satu videonya.

Meski awalnya sempat merasa malu, Grace mulai terbiasa dengan perlakuan tersebut. Ia tetap memakai hijab ketika menjalani kehidupan di Jepang.

"Empat tahun di Jepang, senyumin saja," ujarnya.

Akan tetapi, perlakuan tersebut masih juga dialaminya hingga saat ini. Padahal, Grace sudah tinggal di Jepang lebih dari 10 tahun. Masih ada anak-anak yang iseng meledek penampilannya, Bunda.

Meski sudah terbiasa, Grace tetap ingin memberi 'pelajaran' dengan cara yang kocak kepada anak-anak itu agar tidak terbiasa meledek orang asing. Alih-alih marah, Grace justru bertingkah seperti ninja di hadapan mereka.

"Sebelas tahun di Jepang, wah harus dikasih tahu pelajaran nih. 'Yah penyamaranku terbongkar nih. Jangan kasih tahu siapa-siapa ya'," ucap Grace.

"Yah namanya anak-anak ya, kadang suka nyeletuk asal saja. Enggak tahu kenapa aku paling sering disebut ninja. Lama-lama cuek saja lah, sekalian aja pose ala ninja biar semakin puas mereka. Itung-itung memuaskan mimpi join tim Kakashi yang engak kesampaian," tuturnya.

Selain menghadapi anak-anak, Grace juga harus beradaptasi dengan bahasa serta kuliner yang berbeda. Baca di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang kisah viral anak sopir taksi online yang kuliah di AS:

[Gambas:Video Haibunda]



BAHASA DAN KULINER JEPANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!