sign up SIGN UP search

moms-life

5 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Usus Besar, Coba Lahap yuk Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 02 Sep 2022 11:46 WIB
makanan berserat tak trunkan berat badan caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, usus besar merupakan organ dalam tubuh kita yang paling banyak menyimpan penyakit lho. Pasalnya, usus besar berada di paling akhir dalam proses peleburan makanan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mampu membersihkan usus besar agar terhindar infeksi dan menambah energi baik untuk tubuh.

Usus besar merupakan organ penyimpan limbah makanan atau feses sebelum akhirnya dibuang melalui anus. Organ ini terletak di paling ujung dari proses pencernaan sehingga berfungsi mengambil dan menyerap zat-zat dari sisa makanan yang telah diolah.


Dalam dunia medis, ada ribuan penyakit yang disebabkan oleh sistem pencernaan yang buruk, seperti:

  • Diare
  • Sembelit
  • Usus buntu
  • Radang
  • Infeksi usus
  • Kanker

Apalagi, peneliti menyebut orang pengidap obesitas jauh berpotensi terkena kanker usus besar (kolorektal). "Ada juga korelasi kuat dengan obesitas karena memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker di usus besar," kata Joshua Melson, MD, MPH, ahli gastroenterologi di Rush University Medical Center.

Perawatannya pun tidak main-main karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan pembedahan. Tak ayal bila pepatah mengatakan 'lebih baik mencegah daripada mengobati.' Untuk mencegahnya, catat nih, beberapa makanan untuk membersihkan usus besar dan pasti tetap lezat saat dikonsumsi.

Makanan untuk membersihkan usus besar

1. Makanan nabati (plant-based)

Hal utama yang sangat penting untuk disarankan adalah mengonsumsi makanan dari tumbuhan, seperti sayur mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah.

Menurut ahli diet klinis di Rush University Medical Center, Kaitlyn Eisenberg, MS, RDN, setiap pigmen dari tumbuhan memberikan nutrisi berbeda-beda bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ia berfungsi memperkuat sistem kekebalan imun guna terhindar dari infeksi dan peradangan.

Jika seseorang memakan lebih banyak karbohidrat dengan lauk nabati yang cukup rendah, sebaiknya tinggal pola makan tersebut.

Pola makan yang baik setidaknya terdapat setengah piring lauk nabati, seperti tempe, tahu, sayur, atau rebusan kacang merah untuk memberikan banyak vitamin, mineral, dan serat. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang dapat melawan dan mengikat secara alami sel-sel kanker dalam usus.

2. Ikan dan ayam

Bagi pecinta daging harap berhati-hati, pasalnya dengan mengonsumsi 100 gram daging merah atau 50 gram olahannya (sosis, kornet, dan nugget) setiap hari bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal sebanyak 15-20 persen.

Risiko semakin berkembang apabila daging tersebut tidak matang atau dibakar dengan suhu tinggi sehingga memunculkan zat karsinogenik. Fakta ini diambil dari laporan penelitian lembaga kanker Amerika, yaitu The American Cancer Society (ACS). Lebih baik diganti dengan ikan atau ayam. Kalaupun ingin dikonsumsi, masyarakat tidak dianjurkan lebih dari 340-510 gram per minggu.

Untuk tahu jenis makanan lainnya, TERUSKAN MEMBACA DI SINI YUK.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang pilihan makanan pengganti nasi untuk diet berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]





(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!